Melihat Kamar Tidur dan Ruang Kerja Jokowi di Istana

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVAnews - Presiden Joko Widodo telah berkemas dari rumah dinas gubernur DKI Jakarta dan segera menempati Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 22 Oktober 2014. Jokowi, begitu dia biasa disapa, merupakan presiden keempat yang menetap di istana setelah dilantik.
Wae Rebo NTT Dinobatkan Sebagai Desa Kecil Paling Cantik di Dunia, Posisi Kedua Setelah Jerman

Presiden pertama RI, Soekarno, Presiden keempat Abdurrahman Wahid, dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhyono, lebih dulu memanfaatkan istana sebagai kediaman selama menjadi presiden dengan alasan efektivitas kerja.
Amalan Ringan Namun Pahala Besar di Bulan Ramadhan Menurut Syaikh Ali Jum’ah

Belum diketahui gedung mana yang akan digunakan Jokowi sebagai tempat tinggal di Istana Kepresidenan.
Ketahui Waktu Terbaik Makan Sahur Menurut Nabi Muhammad SAW

Namun, seperti diketahui, Istana Kepresidenan terdiri dari lima gedung, yakni Istana Merdeka yang menghadap langsung ke Jalan Medan Merdeka Utara, Istana Negara yang menghadap ke Jalan Veteran, Gedung Bina Graha di sebelah timur Istana Negara, dan kantor presiden serta Wisma Negara di antara Istana Merdeka dan Istana Negara.

Dikutip dari laman Sekretariat Negara, setneg.go.id, saat menetap di istana, diketahui Bung Karno memilih sebuah ruang di sisi timur Istana Merdeka sebagai kamar tidurnya. Ruang tidur itu berseberangan dengan ruang kerjanya dan dipisahkan oleh bangsal luas yang dikenal sebagai Ruang Resepsi.

Ruang tidur Bung Karno tidak mempunyai kamar mandi sendiri. Bung Karno dan Ibu Fatma menggunakan kamar mandi yang terletak di belakang kamar tidur, bersebelahan dengan kamar tidur Guntur, anak sulung mereka. Semuanya berada di sisi timur Istana Merdeka.

Begitu pula Gus Dur, dia memilih kediaman di Istana Merdeka. Sedangkan SBY yang semula tinggal di Istana Merdeka akhirnya pindah ke Istana Negara, karena saat itu tengah dilakukan renovasi.

Belum diketahui juga, Jokowi akan menempati ruang kerja yang mana selama di istana. Namun, diketahui semasa masih menjabat, SBY menggunakan Kantor Presiden sebagai tempat kerjanya.

Di dalam gedung dua tingkat itu, terdapat ruang jumpa pers, ruang untuk menyambut tamu negara dan ruang kerja presiden di lantai dasar. Sementara di lantai dua, terdapat dua ruang rapat yakni ruang rapat terbatas, dan ruang sidang kabinet paripurna.

Sementara, Presiden kedua RI Soeharto, kala itu berkantor di Bina Graha yang terletak di sebelah timur Istana Negara, menghadap ke arah Sungai Ciliwung, kemudian menjadi kantor resmi Pak Harto. Ia mempunyai dua ruang kerja di Bina Graha, yaitu di lantai dasar dan lantai atas. Kedua ruang kerja ini dihubungkan dengan tangga.

Ruang kerja di lantai atas biasanya dipakai sebelum menghadiri sidang-sidang kabinet terbatas. Ruang kerja di lantai bawah dipakai untuk menerima tamu-tamu yang berhubungan dengan kegiatan pemerintahan. Untuk menerima tamu negara dan pejabat lembaga tinggi negara, Pak Harto menggunakan ruang kerja di Istana Merdeka.

Pada dasawarsa terakhir masa pemerintahannya, Pak Harto bahkan makin sering menggunakan kediamannya di Jalan Cendana untuk menerima para tamu. Pada periode itu Pak Harto juga mulai sering menggunakan ruang kerja di Istana Merdeka pada hari Jumat agar dekat dengan Masjid Baiturrahim. Beliau juga menggunakan ruang kerja di Istana Merdeka itu untuk pertemuan-pertemuan yang bersifat khusus. (one)

VIVAnews pernah menurunkan dua laporan khusus soal Jokowi, simak:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya