Harapan Fauzi Bowo untuk Jokowi

Fauzi Bowo Adakan Halal Bihalal
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM
- Duta Besar RI untuk Jerman, Fauzi Bowo, menaruh harapan untuk perubahan Indonesia yang lebih baik di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Selain itu, dia juga meminta mantan rival di Pilgub DKI Jakarta itu untuk selalu dekat dengan masyarakat seperti yang dia dilakukan sewaktu menjabat sebagai Gubernur DKI.
Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi


"Saya berharap agar ia (Jokowi) bisa tetap dekat dengan rakyat. Dengan begitu beliau makin memahami apa yang dibutuhkan rakyat, semoga sukses," ujar Foke sapaan akrab Fauzi saat diwawancarai
tvOne.


Meski tengah jauh dari Indonesia, tapi Foke menyempatkan diri untuk melihat pelantikan Jokowi, Senin kemarin. Dia juga sudah mendengar langsung pidato pertama Jokowi sebagai Presiden usai pelantikan.


"Bagi saya ada hal yang menarik. Pertama, komitmen beliau mengembangkan Indonesia sebagai negara maritim. Itu memang sudah menjadi kekuatan kita," kata Foke.


Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyampaikan, beberapa tahun lalu, dia sudah menyarankan kepada pemimpin negara agar perairan Indonesia dimasukkan dalam perencanaan terpadu dalam pembangunan Indonesia.


"Apalagi bila beliau (Jokowi) membuat khusus kementerian koordinator sendiri urusan maritim, Kami akan nantikan. Mudah-mudahan, ini dapat menjadi nilai tambah yang berarti karena tidak ada negara maritim sebesar Indonesia," jelas Foke.


Tiru Jerman

Pada kesempatan itu juga, Foke menyampaikan terkait hubungan Jerman- Indonesia. "Saya tentu akan sampaikan hal itu ke Menlu. Yang jelas kita ini Indonesia memiliki tingkat soliditas yang cukup mantap seperti di Jerman," kata Foke.


Menurut Foke, meski ada krisis Eropa, tetapi Jerman masih bisa bertahan. Dia juga meminta agar Jokowi bisa belajar dari pengalaman di Jerman. Sebab Foke ingin melihat Indonesia sebagai negara yang solid, stabil dalam bidang politik, ekonomi yang berkembang serta mampu memberi kesejahteraan bagi rakyat.


Pada kesempatan ini dia juga menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Jokowi dan JK. "Atas nama kedutaan besar RI di Jerman dan seluruh masyarakat Indonesia di Republik Federal Jerman, saya mengucapkan selamat kepada Bapak Jokowi dan Pak JK sebagai Presiden ketujuh dan Wakil Presiden ke-12," kata Foke.


Dia juga mendoakan agar dalam kepemimpinan Jokowi, Indonesia semakin adil, makmur, sejahtera dan bermartabat dan dihargai bangsa-bangsa lain.


"Selain itu, saya juga menyampaikan terimakasih kepada Pak SBY dan Pak Boediono atas kepemimpinan dan kerja kerasnya yang telah membawa Indonesia makin maju dan sejahtera," tambah dia.


Sementara itu, ketika ditanyakan kapan terakhir kali berkomunikasi dengan Jokowi. Foke menjawabnya santai. "Saya sudah menghubungi Pak Jokowi, tapi saya lupa waktunya. Tapi yang pasti saat beliau terpilih menjadi Presiden," jelas Foke.


Miranti Hirschmann
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya