Ini Pembagian Tugas Para Anggota BPK

Suasana rapat Komisi XI DPR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVAnews - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang baru dipilih, Harry Azhar Azis, mengungkapkan, sidang badan yang penetapan dia menjadi ketua, juga telah menetapkan pembagian tugas ketujuh anggota BPK lainnya.

Usai rapat internal tersebut di Gedung BPK, Selasa malam 21 Oktober 2014, Harry memaparkan, Anggota satu, Agung Firman Sampurna, bertugas bertanggung jawab dalam pemeriksaan, bidang pertahanan, keamanan dan hubungan internasional.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Anggota dua, Agus Joko Pramono, bertugas dalam pemeriksaan bidang  keuangan dan moneter. "Nanti, dia akan memeriksa kementerian keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan dan juga menangani Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP)," ujarnya.

Tugas pemeriksaan lembaga negara seperti, Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung akan menjadi tanggungjawab Anggota Tiga yaitu Eddy Mulyadi Supardi. Sementara Anggota Empat, Rizal Djalil bertugas memeriksa, bidang infastruktur, Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan kehutanan.

Selanjutnya, Anggota Lima, Moermahadi Soerdja Djanegara, lanjut Harry, ditugasi memeriksa keuangan wilayah Jawa dan Sumatera dan kementerian agama. Kemudian Anggota Enam, Bahrullah Akbar, àkan melakukan pemeriksaan di wilayah timur dan di luar Jawa, bidang kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.

Dan yang terakhir, pemeriksaan keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menjadi tanggungjawab, Anggota Tujuh, Achsanul Qosasi. "Rekan saya dulu di komisi XI itu nantinya akan memeriksa 168 BUMN," tambahnya.

Wakil Ketua BPK, Sapto Amal Damandari, menurut Harry, nantinya akan membantunya dalam menjalankan fungsi dan peran sebagai pimpinan BPK.

"Nah kalau ketua dan wakil ketua, nantinya pemeriksaannya akan kroscek di portofolio tersebut. Sedangkan jika ada masalah yang harus dibahas bersama nantinya di sidang badan," imbuhnya.

Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024