ICW Minta Jokowi Tunda Umumkan Calon Menteri

Naik Kereta Kuda, Jokowi-JK Disambut Lautan Massa
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVAnews
Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan
- Indonesia Corruption Watch (ICW) menyarankan kepada Presiden Indonesia yang baru saja dilantik, Joko Widodo, untuk menunda pengumuman nama-nama yang akan masuk ke dalam kabinet pemerintahan mendatang.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Hal tersebut karena ICW mensinyalir ada beberapa nama calon menteri yang diusulkan oleh Jokowi berpotensi bermasalah.
Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini


"ICW menilai masih ada beberapa nama dari 43 figur calon menteri atau pejabat setingkat menteri yang diusulkan Jokowi masuk kabinet diduga bermasalah karena diragukan integritas maupun komitmen antikorupsinya," kata Koordinator Badan Pekerja ICW Ade Irawan di Jakarta, Senin 20 Oktober 2014.


Ade mengatakan, ICW menemukan setidaknya ada empat calon menteri yang diragukan komitmen dalam pemberantasan korupsinya. Namun, dia enggan menyebut nama-nama yang dia maksud.


"Figur calon menteri yang diragukan tersebut potensial menjadi tersangka korupsi dan diberitakan memiliki rekening atau transaksi keuangan yang mencurigakan," ungkap dia.


Dia menambahkan, pengumuman kabinet pemerintahan selayaknya dilakukan setelah dapat dipastikan bahwa nama-nama yang akan mengisi kabinet itu tidak memiliki masalah dan berintegritas.


Menurut Ade, Jokowi tidak usah terburu-buru dalam mengumumkan karena masih mempunyai waktu yang cukup. "Apalagi dalam undang-undang jelas diatur bahwa presiden punya waktu 14 hari setelah pelantikan untuk mengumumkan kabinetnya," sebut dia.


Sebelumnya, Jokowi mengaku telah mendapat sejumlah catatan baik dari KPK maupun PPATK mengenai sejumlah nama-nama yang diusulkannya untuk mengisi kabinet pemerintahannya mendatang. Jokowi bahkan langsung menyambangi Gedung KPK untuk bertemu dengan Pimpinan KPK, kemarin malam.


Wakil Ketua KPK Zulkarnain menyebut bahwa KPK telah memberi catatan mengenai nama-nama calon menteri Jokowi. Dia bahkan menyebut memberikan catatan berupa warna merah kepada nama yang dinilai dapat berpotensi bermasalah. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya