TNI Ajukan Enam Letnan Kolonel Jadi Ajudan Jokowi

Kapuspen TNI Mayjend M. Fuad Basya
Sumber :
  • Vivanews/Zahrul

VIVAnews - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia telah mengajukan enam nama perwira menengah sebagai ajudan Presiden Terpilih Joko Widodo. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Fuad Basya mengatakan keenam nama yang diajukan berasal dari tiga angkatan yaitu darat, laut dan udara.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

"Ada dua nama dari masing-masing angkatan. Sampai saat ini kita masih menunggu beliau memilih siapa," katanya saat dihubungi Minggu, 19 Oktober 2014.

Fuad mengatakan keenam nama yang diajukan ke Jokowi adalah para perwira menengah berpangkat Letnan Kolonel. "Jika terpilih pangkat mereka akan langsung dinaikkan menjadi kolonel," ujarnya.

Menurut Fuad keenam calon ajudan itu telah melalui berbagai proses seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, akademis, fisik maupun psychotest. Fuad menerangkan ada tiga kriteria yang harus dimiliki seorang ajudan presiden. Seorang ajudan menurut Fuad harus memiliki intelektualitas, fisik dan kepribadian yang baik.

"Nama-nama yang kami ajukan telah memenuhi ketiga kriteria itu. Mereka adalah para perwira terbaik," katanya.

Namun Fuad tidak bersedia mengungkapkan siapa saja enam letnan kolonel yang telah diajukan sebagai ajudan. Jokowi nanti akan memilih masing-masing satu ajudan dari setiap angkatan. Fuad mengatakan nanti saja jika sudah terpilih, Mabes TNI akan mengumumkannya secara resmi.

"Tidak etis jika disampaikan sekarang. Bagaimana nanti jika sudah kami umumkan justru yang bersangkutan tidak terpilih?" ujarnya.

Fuad menambahkan jika Jokowi telah resmi memilih ajudan, Panglima TNI Jenderal Moeldoko akan segera mengeluarkan surat perintah terhadap para ajudan terpilih. "Sekaligus surat keputusan kenaikan pangkat dari Letkol menjadi Kolonel," katanya.

Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024