Cerita Santa Soal Iriana, Calon Ibu Negara

Iriana Jokowi.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Iriana Joko Widodo akan menjadi ibu negara mendampingi presiden terpilih Jokowi. Banyak orang menilai, dia merupakan sosok sederhana dan penuh perhatian.

Salah satu yang mengakui adalah Santa Maria, mantan Staf Rumah Tangga Dinas Walikota Solo, saat Jokowi masih menjadi orang nomor satu di Kota Solo.

Santa menceritakan masa-masa mendampingi Jokowi dan Iriana. Di matanya, Iriana adalah sosok pemimpin yang berbeda dengan lainnya.

"Ibu itu beda dengan istri-istri pejabat lainnya, yang kadang selalu minta serba dilayani. Tetapi Ibu sangat berhati-hati untuk menyuruh. Padahal ya memang kami ditugaskan melayani beliau," kata perempuan berkerudung itu.

Santa sedikit membeberkan cara Iriana meminta sesuatu ke bagian rumah tangga. Misalnya saat Iriana meminta menyiapkan makanan untuk Jokowi. Menurut pengakuan Santa, Iriana selalu memintanya dengan nada yang halus. "Beliau pasti bilang gini, Mbak nyuwun tulung Bapak disiapkan dhaharan ini ya (Mbak, minta tolong Bapak disiapkan makanan ini ya)," kata Santa, mengenang.

Santa mengakui Iriana memang sosok yang jarang marah. Ia juga bukan sosok yang rewel. Wanita kelahiran 1 Oktober ini juga merupakan sosok yang sederhana dan tidak neko-neko. "Ibu itu jarang belanja kok. Pokoknya sederhana," tutur Santa.

Jarang marah


Iriana juga merupakan sosok yang perhatian pada bawahan. Bagi Santa, Iriana  adalah pribadi yang hangat. Antara bawahan dan atasan seperti tidak ada jarak.

"Kalau habis pergi, misal pertemuan PKK, sering bawa oleh-oleh makanan. Sepele tapi bagi saya dan teman-teman sangat berkesan," katanya.

Jokowi bersama Staf Rumah Tangga Rumah Dinas Walikota Solo.

Putusan MK Bersifat Final, Prof Niam: Kontestasi Telah Usai, Saatnya Bersatu
Joko Widodo-Iriana bersama dengan Staf Rumah Tangga Rumah Dinas Walikota Solo, saat Jokowi menjabat sebagai walikota Solo pada 2005-2012. (VIVAnews/Fajar Sodiq)

Salah satu peristiwa yang dikenang adalah ada acara buka bersama anak yatim yang digelar Rotary di Rumah Dinas Walikota Solo, Lodji Gandrung. Ketika itu Danarsih Santosa, pemilik rumah batik Danarhadi yang tergabung dalam Rotary membawa tiga bungkus kurma. Ketika itu Santa Maria sedang hamil. Tak diduga Iriana memberi satu bungkusan kurma itu kepadanya.

"Beliau bilang gini sama saya, 'Mbak, kurmanya ini dimakan dulu untuk buka. Nanti biar bayinya bisa seperti Bu Danar'," kata Santa.

Meski sudah lama tidak ketemu, Iriana masih ingat dengan Santa. Ketika halal bihalal Lebaran lalu, Santa sempat bersua dengan Iriana. Istri Jokowi ini sempat mengobrol sebentar dengan Santa.

"Ya tanya-tanya kabar begitu saja. Sikap Ibu nggak beda, tetap seperti dulu, " kata Santa.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Baca juga:

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya