Freezer Tersambar Petir, Rumah Sakit di Aceh Habis Stok Darah

Staf PMI lihatkan stok darah
Sumber :
  • Antara/ Basrul Haq
VIVAnews
Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya
- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Subulussalam, Aceh, kehabisan stok darah setelah freezer atau lemari pendingin Unit Transfusi Darah tersambar petir.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Lemari pendingin tempat menyimpan stok darah itu rusak sejak tiga minggu lalu. Rumah Sakit tak punya lemari pendingin cadangan sehingga tak dapat menyimpan persediaan darah.
Pemain MU yang Tak Diinginkan Jose Mourinho Masih Ada Sampai Sekarang


Lemari pendingin itu kini teronggok di ruang Unit Transfusi Darah dan belum diperbaiki. Proses transfusi darah dari relawan dilakukan hanya ketika ada pasien yang membutuhkan darah, karena darah-darah tidak bisa disimpan.


Jika darah yang diambil dari relawan saat itu ternyata tidak cocok untuk pasien, pasien terpaksa dirujuk ke rumah sakit kabupaten tetangga, yaitu Kabupaten Aceh Singkil. Waktu tempuh ke kabupaten itu sekitar 1,5 jam. Alternatif lain adalah rumah sakit di Kabupaten Dairi, yang waktu tempuhnya lebih lama, yaitu tiga jam dari RSUD Kota Subulussalam.


Menurut Rabiyaldi, Kepala Penunjang Medik RSUD Kota Subulussalam, biaya penggantian alat yang berasal dari Dinas Kesehatan berkisar sekitar Rp50 juta. Rumah Sakit telah melaporkan hal kepada Dinas Kesehatan.


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat Diinas Kesehatan segera menangani permasalahan itu. Sebab lemari pendingin tersebut sangat dibutuhkan Rumah Sakit, yang merupakan satu-satunya di Kota Subulussalam. (ren)


Muhamad Roni/Kota Subulussalam
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya