88 Kendaraan Tempur TNI AD "Kepung" Surabaya

Tank Leopard Jelang Indepedence Day Run
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sebanyak 88 unit kendaraan tempur TNI Angkatan Darat akan melintasi sejumlah jalan protokol di Surabaya, Rabu 8 Oktober 2014. Puluhan tank dan panser TNI  itu akan turun ke jalan membawa warga Surabaya berkeliling kota.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT TNI ke 69 yang dipusatkan di Komando Armada Timur, Surabaya, Selasa kemarin. Adapun pameran  Alutsista TNI AD akan digelar hari ini, di Markas Kodam V/Brawijaya, Surabaya, pukul 08.00 WIB. Pameran itu bertajuk "Alutsista TNI AD : Sehari Bersama Rakyat".

Sebelumnya, Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Sabtu, 4 Oktober 2014, mengatakan peringatan HUT TNI ke 69 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena menampilkan hampir seluruh kekuatan tempur TNI, baik itu pesawat, tank, kapal dan berbagai atraksi tempur prajurit TNI.

Selanjutnya, TNI AD akan menggelar pameran Alutsista di Makodam V/Brawijaya. Sebanyak 139 Alutsista TNI itu akan dipamerkan kepada masyarakat, 88 Alutsista diantaranya akan mengajak   masyarakat berkeliling kota Surabaya.

"Ini sangat menarik, mudah-mudahan masyarakat bisa menyatu karena ini persenjataan dibeli dari pajak rakyat sehingga rakyat bisa melihat secara dekat," kata Gatot.

TNI AD lanjut Gatot, ingin memberikan pertanggungjawaban kepada masyarakat bahwa selama 10 tahun terakhir pembangunan Alutsista TNI AD berjalan sesuai rencana berdasarkan minimun essential forces.

"Mulai dari Tank Marinir, Leporad, Marder semua kendaraan bisa dinaikin, dan kita akan keliling Surabaya. Yang katanya Leopard berat sekali, besok bisa dinaiki dan saya jamin tidak akan merusak jalan di Surabaya ini," paparnya.

Berikut Alutsista TNI yang akan dipamerkan di Makodam V/Brawijaya:

1. Kendaraan Tempur Bushmaster (3 unit)
2. Ranpur Komodo (2)
3. Tank Marder (8)
4. Panser Anoa (15)
5. Tank Leopard (8)
6. Tank Scorpion (21)
7. Tank Tarantula (10
8. Tank M113-A1 (5)
9. Meriam MLRS (3)
10. Meriam 155 mm Caesar (2)
11. Meriam 155 mm/KH 179 (2)
12. Meriam 105 mm/KH (7)
13. Rudal RBS (4)
14. Meriam 23 Zur/Grom (4)
15. Helly (3)
16. Tank BMP 3F TNI AL (4)
17. Tank LV 7 TNI AL (4)

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

(ita)

Ilustrasi mobil polisi di lokasi kejadian.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Sebelumnya, karena perselisihan, Anggota TNI Prada Lukman dikeroyok di Pasar Cikini, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024