Persiapan Dirgahayu, TNI Gelar Atraksi Pesawat Tempur

HUT TNI AU ke-67
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan seluruh kekuatan sistem persenjataan (alutsista) baik unsur darat, laut, maupun udara dalam rangka gladi bersih HUT TNI ke-69 di Dermaga Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Surabaya, Sabtu, 4 Oktober 2014.

Upacara Parade dan Defile yang dihadiri Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan seluruh Kepala Staf Angkatan ini merupakan persiapan pergelaran HUT TNI yang akan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa, 7 Oktober nanti.

Pantauan VIVAnews, ratusan alutsista yang terdiri dari Angkatan Darat, Angakatan Laut, dan Angkatan Udara diperagakan dalam acara tersebut. Ratusan alutsista Angkatan Darat di antaranya meliputi, tank Leopard yang baru dibeli dari Jerman, kendaraan taktis Anoa buatan dalam negeri, meriam, helikopter apache dan lainnya.

Pengajuan Amicus Curiae Megawati Dinilai Tak Tepat, Sebab Termasuk Pihak Bersengketa

Alutsista Angkatan Laut, yaitu kapal perang KRI Multi Role Light Frigate (MRLF) buatan Inggris yang diberi nama KRI Bung Tomo-357, KRI Usman Harun-359 dan KRI John Lie-358. Kemudian tank marinir dan kendaraan tempur lainnya.

Sedangkan Angkatan Udara memperagakan 140 pesawat tempur.

"Sebagai prajurit profesional, TNI AU telah dilengkapi dengan alutsista yang modern. TNI AU profesional dan akan selalu bersama rakyat," ujar Marsekal Ida Bagus Putu, Kepala Staf Angkatan Udara.

Ida Bagus menjelaskan, dalam rangkaian pertunjukan kekuatan tentara kali ini, TNI AU mengerahkan kekuatan pasukan. Yakni personel dari AAU, Paskas (Pasukan Khusus), personel Bravo, dan pasukan tempur Paskas.

"Kekuatan yang dikerahkan, pesawat tanpa awak yang bisa mengirimkan gambar lokasi upacara. Pesawat ini akan terbang di ketinggian 12.000 kaki. Kemudian pesawat tempur, pesawat angkut, heli dan pesawat latih," kata dia.

Kemudian dalam kegiatan itu, sejumlah pesawat tempur juga melakukan atraksi dengan manuver yang spektakuler. Di antaranya adalah atraksi pesawat Jupiter, F16, Sukhoi dan pesawat tempur lain.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta
Manajer Arsenal, Mikel Arteta

Arsenal Tidak Boleh Hilang Kepercayaan Diri

Arsenal memiliki tugas berat saat melawat ke Allianz Arena, markas Bayern Munich dalam pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis dini hari WIB nanti.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024