Trafo Listrik Rusak, Beberapa Wilayah Jateng Kena Pemadaman

Ilustrasi/Pemadaman listrik
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Pemadaman listrik selama empat jam dalam sehari di beberapa wilayah Jawa Tengah (Jateng) sangat meresahkan masyarakat. Hal itu akibat kerusakan sistem trafo di Cirebon dan Surakarta sejak 6 September.

PT Perusahan Listrik Negara (PLN) Jateng-DIY pun membenarkan soal pemadaman tersebut. Bahwa perbaikan sub sistem Inter Bus Transformer (IBT) 500 megawatt di Cirebon dan Surakarta selama satu bulan berdampak pada gangguan jaringan listrik di sebagian wilayah Jawa Tengah.

General Manajer PT PLN Distribusi Jateng-DIY, Djoko R Abumanan, Rabu, 1 Oktober 2014 mengatakan, pemadaman listrik di beberapa titik di Jateng karena defisit energi listrik di sejumlah pembangkit. Sehingga, saat perbaikan sistem harus ada cadangan energi listrik sebesar 30 persen.

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Sementara pembangkit listrik yang dipasok dari Pacitan, Cilacap, Rembang dan Tambaklorok Semarang masih defisit. Meski demikian, PLN membantah bila perbaikan sistem itu membuat pemadaman listrik di hampir di sebagian wilayah Jateng. Sebab, PT PLN sebelumnya telah memberitahukan ada perbaikan sistem listrik kepada konsumen sejak 6 September lalu.

"Pemadaman listrik bukan seluruh wilayah Jateng, tapi beberapa lokal-lokal saja karena masih dalam perbaikan sistem dan itu pun telah kami informasikan kepada pelanggan ada perbaikan trafo di Cirebon dan Surakarta," ucap dia.

Dia menjelaskan, pasokan listrik diambil dari sub sistem Ungaran I sehingga tidak terjadi pemadaman.

Untuk diketahui PLN Jateng-DIY memiliki sebanyak 75 gardu induk dari 4 sub sistem, yakni sistem Solo, Ungaran I, Ungaran II, dan Tanjung Jati. Setiap sub sistem IBT 500 megawatt.

Defisit listrik di beberapa wilayah itu, lanjut dia, mewajibkan PLN memperbaiki sistem. Sehingga, pemadaman listrik harus diatur di beberapa wilayah untuk menjamin tercukupinya kebutuhan energi.

"Hari ini, pemadaman listrik di Rembang selama empat jam karena ada pelepasan energi. Selain itu, di Cepu dan Blora mengalami pelepasan energi listrik untuk memasok wilayah Pacitan," ujar dia.

Djoko menambahkan setiap 1 gardu biasanya untuk kebutuhan satu wilayah kabupaten/ kota. Oleh karena satu gardu induk dilepas dengan kondisi defisit energi maka terjadi pemadaman listrik di wilayah tertentu.

"Hanya ada dua kasus saja, di Cirebon dan Surakarta ada perbaikan trafo, " katanya. (ren)

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata
Kiper Dallas FC, Maarten Paes

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta, Selasa 30 April 2024. Ini niat mulia kiper FC Dallas tersebut.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024