SBY Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu 1 Oktober 2014.

Upacara itu dimulai pukul 07.50 WIB, dengan iringan lagu-lagu perjuangan. Pada upacara tersebut turut hadir juga, Wakil Presiden Boediono, Presiden terpilih, Joko Widodo, serta para menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Turut hadir dalam upacara itu, Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, Kapolri Jenderal Sutarman serta para pimpinan lembaga tinggi negara.

Peserta upacara terdiri atas anggota TNI seluruh angkatan, yakni TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut, Angkatan Darat dan anggota Polri. Kemudian siswa SD, SMP, Pramuka, dan beberapa organisasi kepemudaan.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Hari Kesaktian Pancasila merupakan agenda rutin Kepala Negara sejak Soeharto menjadi Presiden. Upacara ini kontroversial karena sejarawan Asvi Warman Adam sempat menyatakan pelaksanaan upacara ini tidak ada dasar hukumnya.

Upacara ini berkaitan dengan peristiwa 30 September 1965, ketika sejumlah jenderal diculik dan dibawa ke lokasi upacara digelar. Pemerintahan Orde Baru kemudian memperingati kematian jenderal-jenderal itu pada keesokan harinya sebagai Hari Kesaktian Pancasila. (art)

Ilustrasi Paspor

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Saat ini, paspor semua pemeran dan kru, dengan total sekitar 30 orang, disita. Mereka juga saat ini tinggal di sebuah hotel sementara itu kasus ini sedang diselidiki.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024