Kronologi Tewasnya Kanit Serse di Ambon

Polisi dan TNI berjaga pasca kerusuhan di Probolinggo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
VIVAnews -
Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama
Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Nusaniwe Pulau Ambon, Aiptu Paulus Lekatompessy, tewas setelah dihajar oknum TNI di Asrama Militer Bentas, Ambon.

Presiden PKS: Kami Belum Dapat Pasangan Ajukan Hak Angket

Peristiwa itu terjadi Selasa malam, 30 September 2014, sekitar pukul 00.30 WIT. Ketika itu, Aiptu Paulus tengah melayat ke rumah salah satu orangtua dari teman anaknya yang meninggal dunia.
Apindo Sebut Keputusan MK Beri Kepastian Investasi dan Ekonomi


Entah kenapa, terjadi cekcok antara Paulus dengan beberapa warga yang juga tengah melayat. Salah satu oknum TNI berinisial JL. Hingga akhirnya mereka berdua berkelahi. Aiptu Paulus pun sekarat.


Menurut Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease AKBP Bintang Juliana, sebelum meninggal, Aiptu Paulus terlebih dulu diamankan di rumah salah satu warga Asrama Militer.


"Setelah itu korban dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara. Belum sempat ditangani, korban meninggal dunia," ujar Juliana.


Usai kejadian itu, kata Juliana, oknum TNI berinisial JL langsung diamankan. Anggota TNI itu kemudian diserahkan ke Provos Pomdam TNI Kodam XVI/Pattimura. Selain JL, beberapa warga sipil yang berada di lokasi kejadian juga diamankan.


"Status para saksi ini juga bisa berubah, tergantung dari proses penyidikan. Kami juga masih mendalami dugaan kalau pelaku tidak hanya oknum anggota TNI, ada warga sipil juga," kata Juliana.


Juliana mengatakan, peristiwa ini murni kriminal, sehingga Polres Pulau Ambon akan menyelesaikan persoalan ini sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


Sementara itu, atas izin dari keluarga, jasad korban sudah diautopsi untuk mengetahui lebih detil penyebab kematian. Dari hasil visum, korban mengalami memar di bagian kepala.


"Kami masih dalami juga alat apa yang digunakan pelaku saat memukul korban, karena di sekujur tubuh korban tidak terlihat luka tusuk," kata dia. (ita)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya