Strategi BPBD Jateng Hadapi Kekeringan

Kekeringan Wonogiri Sorot
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, mempertanyakan kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengatasi bencana kekeringan. Sebab, mayoritas daerah di 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah saat ini tengah dilanda kekeringan.

Sempat Membaik Sebelum Meninggal, Kondisi Ibu Angger Dimas Drop Lagi Sejak Kematian Dante

Menurut Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Pramana, Selasa 30 September 2014, hingga saat ini ia baru mencatat 24 kabupaten yang memperoleh pasokan air bersih dari BPBD Jateng. Dari 24 kabupaten kota, ada 379 desa dan 92 kecamatan yang mendapatkan bantuan air bersih mulai 3 Agustus hingga 8 September lalu.

"Masak sih, kabupaten tidak bisa menanggulangi kekeringan di wilayahnya sendiri. Padahal, dana tak terduga di tiap Pemda, saya rasa sangat cukup untuk mengatasi kekeringan. Kalau kurang ya, pakai CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) swasta," katanya di Semarang.

Sarwa mendesak kepada setiap setiap Pemda agar pro aktif menyalurkan dana tak terduga, yakni sekitar Rp 200-300 juta. Dia memberi contoh di Kabupaten Banyumas. Menurutnya, saat ini, ada lima desa di empat kecamatan wilayah itu yang mendapatkan pasokan air bersih dari BPBD Jateng. Dalam waktu dekat, juga akan dibuatkan sumur darurat.

Kekeringan parah yang terjadi di Banyumas, lanjutnya, akibat respons tanggap bencana antarSKPD (Satuan Kerja Perangkat Desa) terkait sangat lambat. Sarwa juga mempertanyakan kinerja BPBD setempat dalam mengatasi kekeringan di beberapa desa.

"Karenanya, kami minta bupati harus optimalkan dinas-dinasnya. Apalagi saat ini, nyaris semua kabupaten/kota sudah darurat kekeringan. Tapi sayangnya, Pemda kurang berinovasi dalam melakukan penanggulangan bencana," ujarnya.

Contoh lain adalah wilayah Boyolali. Di mana, ada empat desa di wilayah tersebut yang memperoleh bantuan air bersih, sedangkan Klaten ada sebanyak 33 desa.

"Pemkab Boyolali sedang meminta bantuan pembuatan bak tandon di beberapa kecamatan. Untuk wilayah Kemalang Klaten bantuan air bersih sudah sampai di desa setempat," katanya.

Selain droping air bersih, Sarwa menyebut, BPBD Jateng juga sedang bersiap memberikan bantuan mesin diesel, pembuatan sumur darurat dan pipanisasi. Sarwa berharap, dengan upaya-upaya itu bencana kekeringan pada tahun ini segera teratasi. (asp)

Inggris kibarkan bendera

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

Israel belum secara resmi menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut namun telah melakukan serangan terhadap sasaran Iran di Suriah dalam beberapa bulan terakhir

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024