KPK Jemput Paksa Bos Sentul City Cahyadi Kumala

Mobil Sitaan di DPP PKS Dibawa ke KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan jemput paksa terhadap beberapa orang terkait kasus dugaan suap rekomendasi tukar menukar kawasan hutan di Kabupaten Bogor, Selasa 30 September 2014.

Juru Bicara KPK, Johan Budi membenarkan adanya upaya penjemputan paksa yang dilakukan penyidik. "Iya jemput paksa di kawasan Sentul," kata Johan saat dikonfirmasi.

Berdasarkan pantauan, sekitar pukul 12.15 WIB, terlihat sekitar 5 mobil yang berhenti di dalam depan lobi gedung KPK. Terlihat sejumlah penyidik dan juga anggota Brimob mengawal 6 orang yang diduga dijemput paksa.

Salah satu pihak yang nampak dikawal oleh petugas Brimob adalah Cahyadi Kumala yang merupakan Komisaris Utama PT Bukit Jonggol Asri, dia juga merupakan Presiden Direktur Sentul City.

Cahyadi yang memakai kemeja berwarna cokelat itu tampak dikawal seorang dikawal seorang anggota Brimob bersenjata lengkap. Dia tidak berkomentar apa-apa dan langsung dibawa masuk ke dalam Gedung KPK.

Selain mengamankan beberapa orang, penyidik KPK juga terlihat membawa satu unit mobil Lexus hitam B 706 CK yang diduga milik Cahyadi Kumala. Mobil tersebut kini terparkir di parkir Gedung KPK.

Cahyadi Kumala Kwee alias Sui Teng sendiri serta Haryadi Kumala telah dicegah oleh pihak KPK sejak 8 Mei 2014 lalu.

Diketahui, kasus suap rekomendasi tukar menukar di Kabupaten Bogor, berawal dari operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK pada 7 Mei 2014. Pada saat itu, KPK mengamankan Bupati Bogor, Rachmat Yasin; Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, M Zairin serta satu orang orang dari pihak swasta yang disebut dari PT Bukit Jonggol Asri, Yohan Yap.

Rachmat dan Zairin kini sudah berstatus terdakwa dalam proses persidangan, sedangkan Yohan Yap telah diputus bersalah oleh Pengadilan Tipikor Bandung dan divonis 1,5 tahun. Hakim menilai bahwa Yohan terbukti bersalah memberikan suap sebesar Rp4,5 miliar kepada Rachmat Yasin. Suap tersebut untuk memperoleh rekomendasi tukar menukar kawasan hutan atas nama PT BJA seluas 2.754 hektare.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool
VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024