Jokowi Janji Usir Kapal-kapal Asing di Ambon

Jokowi-JK Hadiri Halal BIhalal NasDem
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya
- Presiden terpilih Joko Widodo memaparkan rencananya membangkitkan kemaritiman di Indonesia pada acara 'Roadmap Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia' yang dilgelar Ormas Nasional Demokrat di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin 29 September 2014.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

Pada acara itu Jokowi menyebutkan jika hasil kekayaan laut Indonesia itu banyak dicuri oleh kapal-kapal asing yang 'berpesta' di perairan di Indonesia. Salah satunya di perairan Ambon, Maluku.
6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal


"Saya dapat laporan bahwa di perairan Ambon itu, setiap malam gemerlapan lampu bagaikan pasar malam, dan ternyata itu adalah kapal asing yang berpesta mengambil ikan di perairan kita," kata Jokowi kepada peserta diskusi tersebut.


Karena adanya kejadian tersebut, setelah dilantik pada 20 September 2014 dia berjanji akan memastikan langsung apakah informasi itu benar atau tidak. Katanya, dia akan datang langsung secara diam-diam ke perairan Ambon.


"Nanti saya mau blusukan ke sana, entah berenang, entah jalan kaki, entah naik apa lah yang penting tidak ketahuan. Nanti saya bubarkan kapal-kapal asing yang berpesta di laut kita itu," kata Jokowi disambut tawa peserta diskusi tersebut.


Jokowi menambahkan, salah satu alasan ingin sekali memastikan adanya ilegal fishing, karena menurut data yang dihimpun timnya, setiap tahunnya negara Indonesia rugi hingga Rp300 triliun akibat ikannya dicuri oleh kapal-kapal asing.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya