Gubernur Jateng Mengungkapkan Ayahnya Terindikasi Kena Alzheimer

Foe Jose Amadeus Khrisna bersama dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo
Sumber :

VIVAnews – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus mendukung program pencegahan terhadap munculnya penyakit  Alzheimer (pikun) di wilayahnya. Salah satu aksi nyata adalah dengan mengkampanyekan pencegahan pikun dengan menggandeng ratusan warga.

Hal itu dilakukan dalam rangka bulan alzheimer dunia yang dibingkai aksi jalan sehat di kawasan Simpang Lima Semarang, Minggu, 28 September 2014. Acara yang dikomando oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo itu bertema “Jangan Maklum Dengan Pikun” oleh Yayasan Alzheimer’s Indonesia ini diikuti ratusan warga, yang kebanyakan para lansia.
 
Di sela acara, Ganjar mengaku sangat mengapresiasi positif program pencegahan kepikunan tersebut. Meskipun, belum ada data berapa warga di Jawa Tengah yang menderita Alzheimer. “Saya ingin agar setiap bulan ada acara pencegahan alzheimer,” kata Ganjar Pranowo.

Secara pribadi, politisi PDIP itu mengaku bahwa bahaya Alzheimer telah menimpa keluarganya. Ayah kandungnya juga terindikasi menderita penyakit tersebut.

"Akibatnya, bapak tidak tahu jika saya sudah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah," kata politisi PDIP yang sudah setahun menjabat sebagai Gubernur Jateng itu.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Gerakan Global

Direktur Eksekutif Alzheimer’s Indonesia, DY Suharya, menyatakan tahun ini merupakan kedua kalinya Indonesia bergabung dengan melakukan gerakan global yang sudah dilangsungkan lebih dari 80 negara lainnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilangsungkan di berbagai belahan dunia untuk menunjukkan bersatunya komunitas dan orang-orang terkasih untuk menanggulangi Alzheimer dan demensia. “Tahun ini, lebih dari 50 kegiatan jalan sehat telah dilakukan di 80 negara, termasuk Indonesia,” kata Suharya.
 
Deteksi dini Alzheimer, lanjut dia, bukan hanya untuk lansia. Mirisnya, gejala Alzheimer bisa muncul 20 tahun sebelum gejala lainnya menjadi lebih jelas.

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Tapi, semua bisa secara aktif dan peduli mengurangi risiko terkena penyakit ini.”Bahkan ada kabar terbaru seorang anak muda berusia 29 tahun di Inggris terkena Alzheimer,” katanya. (ren)

Ilustrasi di kantor polisi.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Kepolisian menurunkan tim untuk menjaga rumah Via Vallen saat penggerudukan berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024