Ini Sebab 13 Warga Garut Mendadak Sakit Jiwa

Demo anti pemasungan
Sumber :
  • ANTARA/ Eric Ireng
VIVAnews
Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun
- Banyak faktor yang mengakibatkan seseorang menjadi gila, salah satunya karena himpitan ekonomi. Antara kenyataan dan harapan yang tidak sesuai sehingga seseorang menjadi gila. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Jawa Barat, dr Tenni S Rifa'i saat menanggapi 13 warga Kampung Sumur, Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Garut, yang mendadak gila.

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

"Secara medis memang begitu, karena adanya ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan seseorang bisa menjadi gila, termasuk warga Kampung Sumur," katanya, Jumat, 26 September 2014.
Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok


Menurut dia, kemungkinan para korban ini terlalu fokus pada satu masalah, sehingga mengalami goncangan jiwa.


Dinas Kesehatan Kabupaten Garut akan segera menerjunkan tim medis untuk melakukan pengobatan. Namun dalam pelaksanaannya, Dinas Kesehatan akan melakukam koordinasi dengan dinas terkait agar bisa mengatasi pencetus masalah.


"Ya pencetus atau penyebab warga menjadi gila inilah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah," kata Tenni.


Paling tidak, katanya, pemda harus merujuk warga yang mengalami kegilaan kepada rumah sakit jiwa di Bandung.


"Nanti warga akan mendapat perawatan yang lebih layak, karena biasanya di kampung warga yang gila itu dipasung, itu kan tidak manusiawi," katanya.


Sebelumnya tokoh warga kampung Sumur Roni Tabroni melaporkan tedapat 13 warga gila akibat himpitan ekonomi. Sebagian langsung menutup diri, dan sebagian kerap mengamuk, merusak peralatan rumah tangga dan membahayakan warga lainnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya