HUT TNI, Jalur Pelabuhan Tanjung Perak Ditutup 24-25 September

Apel kesiapan TNI Menjelang Pengumuman Pilpres 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta
- Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-69, yang digelar pada 24 sampai 25 September 2014, Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) di Pelabuhan Tanjung Perak akan ditutup sementara mulai pukul 06.00 – 11.00 WIB.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Seperti tertuang dalam rilis yang dikirim, terkait dengan kegiatan di Hari Jadi TNI ke-69 Tahun 2014, disebutkan, Armada Timur akan menjadi tuan rumah dalam gelar kekuatan TNI. Sebelum acara puncak, TNI akan melakukan serangkaian latihan.
Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior


Sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya, pada tanggal 29 September, dan tanggal 1,2,3,4 dan 6 Oktober 2014 bertempat di Dermaga Ujung Surabaya mulai pukul 06.00 WIB sampai selesai akan dilakukan kegiatan latihan kapal-kapal perang milik TNI.


"Menurut informasi terakhir besok hari Rabu (24/9) sampai hari Kamis (25/9) juga akan dilakukan penutupan APBS mulai pukul 06.00-11.00 WIB. Disarankan kepada kapal-kapal yang berkegiatan di sekitar kolam Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk mematuhi surat edaran agar tidak berlayar selama kegiatan latihan TNI berjalan," kata Kepala Humas PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Dhany Rachmad Agustian.


Untuk diketahui, Pelabuhan Tanjung Perak adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok di Jakarta. Data yang ada, dalam sehari di APBS dan kolam Tanjung Perak sendiri terjadi 90 pergerakan dan kolam Pelabuhan Tanjung Perak yang mendukung kegiatan ekonomi Indonesia Timur dan Surabaya khususnya.


Realisasi arus kunjungan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak sepanjang Januari sampai Agustus 2014 tercatat 8.933 unit kapal telah membawa barang dan orang melalui Pelabuhan Tanjung Perak dengan berat kapal mencapai 47 juta gross ton (GT).


Dan, untuk jenis kapalnya, adalah kapal petikemas mendominasi dengan jumlah 2.976 unit dengan berat mencapai 23,7 juta GT. Kemudian disusul Kapal Tanker sebanyak 1.093 unit dengan berat mencapai 9,2 juta GT.


Disebutkan, dalam rangkaian HUT TNI tersebut, TNI Angkatan Laut mengerahkan sekitar 43 unit kapal perang yang akan melakukan sealing pass. Selain itu, sejumlah pesawat TNI AL dari berbagai jenis juga akan
flying pass
. Termasuk satu unit kapal selam diikutsertakan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya