Dalami Pemerasan di ESDM, KPK Periksa Anak Buah Wacik

Menteri ESDM, Jero Wacik, saat memberikan keterangan pers
Sumber :
  • Arie Dwi

VIVAnews - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala Bagian Akuntansi Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Dwi Hardono, Senin 22 September 2014.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Dia diperiksa, terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan di Kementerian ESDM.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka JW (Jero Wacik)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha.

Dwi Hardono dipanggil untuk diminta keterangannya dalam melengkapi berkas pemeriksaan terhadap Jero Wacik.

Diketahui, KPK menetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka pemerasan di Kementerian ESDM, Rabu 3 September 2014.

Jero dijerat dengan Pasal 12 huruf e atau Pasal 23 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana yang telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Tipikor Juncto Pasal 421 KUHPidana.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, menduga Jero menerima dana yang mencapai Rp9,9 miliar itu tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi.

"Dana itu diduga digunakan untuk kepentingan pribadi, pihak ketiga, dan pencitraan JW (Jero Wacik)," kata Bambang.

Bambang menambahkan, setelah Jero dilantik sebagai menteri, dia meminta tambahan dana operasional menteri untuk diperbesar. Sebab, plafon yang diterimanya dinilai tidak mencukupi.

Jero kemudian diduga memerintahkan jajarannya di kementerian yang dipimpinnya itu untuk mengupayakan pembesaran Dana Operasional Menteri itu. Caranya, antara lain, mengumpulkan dana yang diduga berasal dari kickback rekanan dari suatu kegiatan tertentu dan kegiatan lainnya.

Namun, Bambang masih enggan merinci siapa yang menjadi pihak yang diperas terkait kasus Jero Wacik itu.

"Atas permintaan JW tersebut, jajaran di lingkungan Kementerian ESDM telah memberikan dana sepanjang 2011 sampai dengan 2013 sebesar Rp9,9 miliar," ujar Bambang. (asp)

Telapak Kaki Nabi Muhammad

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Iran tengah dihebohkan setelah seorang ulama, yang sangat pesohor oleh pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, mengeluarkan kritik terhadap Nabi Muhammad, dengan komentar

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024