Hujan Buatan di Kalimatan Kurangi Kebakaran Hutan

Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau
Sumber :
  • ANTARA/Topan Ali

VIVAnews - Operasi hujan buatan menampakkan hasil di beberapa lokasi kebakaran hutan dalam dua hari terakhir di Sumatera dan Kalimantan. Operasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu telah mempercepat hujan dan meningkatkan intensitasnya untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan.

"Hotspot di Sumatera berkurang drastis. Jarak pandang juga meningkat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Berdasarkan pantauan satelit Modis (Terra dan Aqua) pada Minggu (21-9-2014), hotspot tersebar di Sumatera Selatan berjumlah 35 titik, Lampung tujuh titik, Kalimantan Barat 86 titik, Kalimantan Tengah 451 titik, Kalimantan Selatan 75 titik dan Kalimantan Timur 132 titik.

"Tidak ada hotspot atau nihil di Riau dan Jambi. Sedangkan pantauan satelit NOAA-18 pada Minggu, hotspot berada di Sumatera Selatan 31 itik, Kalbar 45 titik, Kalteng 25 titik, dan Kaltim tiga titik," katanya.
 
Menurur Sutopo, hotspot di Sumatera Selatan berada di Ogan Komering Ilir yang mencapai 34 titik dan Lubuk Linggau. Kebakaran berada di perkebunan dan lahan dekat permukiman. Ini mengindikasikan bahwa kebakaran terjadi karena disengaja.

"Kombinasi antara illegal logging dan pembakaran hutan lahan merupakan modus yang banyak dilakukan di Sumatera Selatan," kata Sutopo.

Sebaran 451 hotspot di Kalimantan Tengah terdapat di Kotawaringin Barat tiga titik, Kotawaringin Timur 47 titik, Kapuas 96 titik, Barito Selatan 48 titik, Barito Utara 13 titik, Sukamara 6 titik, Seruyan 10 titik, Katingan 110 titik, Pulangpisau 59 titik, Gunungmas delapan titik, Barito Timur 15 titik, Murung Raya empat titik dan Palangkaraya 32 titik.
 
Upaya penanggulangan bencana asap akibat karhutla masih terus dilakukan melalui operasi darat, operasi udara, penegakan hukum, sosialisasi dan kesehatan masyarakat.

Kepala BNPB, Syamsul Maarif, menyatakan bahwa BNPB akan terus memperkuat Pemda untuk mengatasi karhutla. Penegakan hukum harus dikedepankan karena lebih efektif untuk pencegahan.

BNPB mengerahkan 9 helikopter pemboman air, dimana saat ini berada di Sumsel empat unit, Riau satu unit, Kalbar satu unit dan Kalteng tiga unit. Hujan buatan dengan pesawat Hercules C-130 TNI AU telah dioperasikan dengan menaburkan NaCl 4 ton di Sumsel pada Minggu, 21 September 2014 pada pukul 14.00 WIB.

"Hujan turun di Kota Palembang dan sekitarnya," katanya.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

(ren)

Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024