KPK Evaluasi Kasus Korupsi di Daerah

Abraham Samad
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memantau sejumlah kasus dugaan korupsi di Sulawesi Selatan.

Ketua KPK, Abraham Samad mengatakan, berbagai kasus itu melibatkan para pengambil kebijakan. Tetapi, katanya, kasus itu masih didalami karena laporan baru masuk.

“Sehingga masih prematur untuk menyebut akan menjerat siapa di dalamnya," kata Abraham ditemui VIVAnews saat menghadiri Movie Day Anticorruption Festival, di Gedung Mulo, Makassar, Sabtu, 20 September 2014.

KPK juga tidak akan segan memeriksa pemimpin daerah jika memang mereka terrsangkut kasus korupsi. 

CPI merupakan kawasan megaproyek multifungsi yang digagas Gubernur Syahrul Yasin Limpo pada tahun 2009, periode pertama pemerintahannya. Syahrul merancang kawasan seluas 157 hektare itu sebagai pusat bisnis, hotel, perkantoran, hiburan modern, dan lapangan golf, busway, monorel, helipad, dan lain-lain.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Abraham mencontohkan, KPK sudah menangani kasus dugaan korupsi PDAM Makassar yang merugikan negara senilai Rp38,1 miliar, dan menetapkan mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, sebagai tersangka pada Mei 2014.

Bahkan, kasus bantuan sosial Sulawesi Selatan yang melibatkan mantan Sekretaris Provinsi, Andi Muallim, dan belasan anggota DPRD Sulawesi Selatan, terus diawasi KPK. "Semua kasus korupsi di daerah kami evaluasi dan supervisi agar tidak ada kesalahan dalam penanganannya," ujarnya. (adi)

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa


Hudzaifah Kadir/Makassar

Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024