Disidang Pekan Depan, AKBP Idha Terancam Dipecat

AKBP Idha Endri Prastiono tiba di Mabes Polri.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja
VIVAnews
Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga
- Dua perwira polisi di Kalimantan Barat, AKBP Idha Endri Prastiono dan Bripka Marela Harahap, akan menjalani sidang kode etik pekan depan. [Baca: ]. Apabila terbukti melanggar kode etik kepolisian keduanya akan jatuhi sanksi tegas, yaitu dipecat sebagai anggota Polri.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Demikian ungkap Kapolda Kalimantan Barat, Brigadir Jenderal Polisi Arief Sulistyanto. "Saya sudah bentuk komisi, Minggu depan mulai sidang kode etik. Jika nanti ditemukan pelanggaran, maka akan dipecat," kata Arief di Bareskrim Mabes Polri, Jumat 19 September 2014.
Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti


Arief menjelaskan, AKBP Idha akan dikenai sanksi disiplin. Dia melanggar disiplin Kepolisian karena pergi ke luar negeri tanpa izin atasan. Selama ini, mantan Kasubdit III Reserse Narkoba Polda Kalimantan Barat itu diketahui kerap melakukan pelanggaran disiplin.


"Sanksi bagi anggota Polri ada tiga lapis. Terkait AKBP Idha pelanggaran disiplinnya akan dinilai pada saat dia keluar negeri tanpa izin," ujarnya.


Selain itu, Idha juga diduga melakukan pelanggaran kode etik, yakni tidak profesional dalam menjalankan tugas penyelidikan kasus narkoba. "Nanti akan dilihat apakah dia melakukan pelanggaran," kata Arief.


Apabila telah dijatuhi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) di Komisi etik Polda Kalbar, Arief menyatakan,  Idha masih memiliki kesempatan untuk banding di Komisi etik Mabes Polri.


Sementara itu, terkait dugaan , yang bersangkutan akan diadili di peradilan umum. "Jika sudah di PTDH, dalam persidangan peradilan umum yang bersangkutan sudah tidak sebagai perwira Polri lagi," tandasnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya