TNI-Polri Bangun Rumah untuk Warga di Bekas Markas OPM

Pasukan Organisasi Papua Merdeka dengan bendera mereka/Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita
VIVAnews
Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS
- Aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) membangun rumah layak huni untuk warga kampung Susmorof, Distrik Ransiki, Manokwari Selatan, Papua Barat, pada Kamis, 18 September 2014. Kampung itu dahulu adalah markas pertahanan Organisiasi Papua Merdeka (OPM) Wilayah Satu Kasuari.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

Aparat membangun rumah baru karena tempat tinggal warga setempat sudah sangat memprihatinkan dan mereka rentan terserang penyakit. Pembangunan itu melibatkan 125 personel TNI dan Polisi. Ada lima unit rumah layak huni yang dibangun. Selain itu, dibangun juga jalan sepanjang 700 meter.
Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang


Kepala Staf Komando Daerah Militer XVII/Cendrawasih, Brigadir Jenderal Toni Damanik, menjelaskan bahwa warga kampung itu menyerahkan delapan pucuk senjata api rakitan dan otomati kepada aparat TNI pada 14 Agustus 2014. Setelah itu, warga meminta dibangunkan rumah layak huni serta akses jalan.


Menurut Kepala Suku sekaligus tokoh masyarakat setempat, Yance Mandacan, dahulu warga kampung itu bermukim di sebelah gunung dengan jarak sebelas kilometer. Lalu, seorang anggota Polisi mengajak mereka turun gunung sehingga mereka membuat rumah di pinggir kali. Namun saat itu rumah dibangun ala kadarnya. (ren)


Takdir/Manokwari Selatan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya