Lawatan Terakhir, SBY Kunjungi Portugal, AS dan Jepang

Mantan Presiden SBY.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta rombongan akan melakukan kunjungan ke tiga negara, yakni Portugal, Amerika Serikat, dan Jepang. Rangkaian kunjungan ini akan menjadi rangkaian kunjungan terakhir SBY ke luar negeri.
Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024

SBY bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sekitar pukul 08.00 WIB, Kamis 18 September 2014. 
Pelatih Korea Selatan Puji Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia U-23 Setinggi Langit

Portugal menjadi negara yang pertama kali dikunjungi. SBY akan menjadi presiden kedua setelah Soekarno yang datang ke negeri ini. Kunjungan ini sekaligus menjadi balasan undangan Presiden Portugal, Cavaco da Silva, yang datang ke Indonesia pada Mei 2012 lalu.
Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Dalam kunjungan tersebut, SBY dijadwalkan akan menerima "kunci emas" kota Lisabon dari wali kota Lisabon. Penyerahan kunci ini menjadi simbol kepercayaan masyarakat Lisabon terhadap warga Indonesia.

Negara kedua yang didatangi SBY adalah AS dengan tujuan New York dan Washington DC pada Sabtu 20 September 2014. Di New York, SBY akan hadir dalam Sidang ke-69 Majelis Umum PBB dan memberi pidato dalam sesi debat umum. Selain itu, SBY juga akan memimpin sidang pleno KTT Iklim PBB (UN Climate Summit) 2014 dan menghadiri Open Government Partnership High Level Event (OGP-HLE). 

Di kota ini, SBY juga sudah dijadwalkan bertemu dengan Presiden Meksiko. Menuju Washington DC, SBY dan rombongan akan menempuh jalur darat dengan menggunakan mobil.

Ada cukup banyak acara SBY di kota ini. Mulai dari peresmian Asosiasi Muslim Indonesia, bertemu dengan tokoh-tokoh muslim AS, meresmikan Patung Saraswati di KBRI Washington, menerima penghargaan dari The United States-Indonesia Society (USINDO) hingga memberi kuliah umum di Universitas George Washington.

Kemudian pada Sabtu pagi, 27 September 2014, SBY akan bertolak ke Kyoto, Jepang. Di sana, SBY akan menerima gelar Honoris Causa dari Universitas Ritsumeikan.

SBY akan berdiskusi dengan sahabat-sahabat Indonesia di Jepang, mulai dari pelaku ekonomi maupun pakar soal hubungan bilateral yang saling menguntungkan.

Presiden beserta rombongan kembali ke Indonesia pada 30 September 2014 mendatang. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya