Kemarau Panjang di Maros, 4 Desa Sulit Dapat Air

Kekeringan Wonogiri Sorot
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVAnews
Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia
- Ratusan Kepala Keluarga (KK) di empat desa di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, mulai kesulitan mendapatkan air akibat kekeringan yang melanda daerah mereka.

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK


Menurut, Abdul Azis, Kepala Desa Alatengae, sudah sejak Juli daerah kekeringan. Nasib yang sama juga dialami warga Desa Minasa Baji, Mangeloreng, Mattoanging yang berada diKecamatan Bantimurung.
 
Akibatnya, bukan cuma lahan pertanian seperti sawah yang kekeringan, melainkan warga juga sangat kekurangan air bersih untuk keperluan makan dan minum.

"Mencari air bersih saja susah sekarang. Sudah hampir tiga bulan kita sulit dapat air. Padahal, dulu kalau kemarau, kita masih dapat aliran dari Bantimurung, tapi sekarang sudah sulit juga, lantaran ada perusahan besar yang harusnya punya sumber air sendiri," katanya.

Agus yang merupakan warga Desa Mattoanging mengatakan, kondisi kekeringan saat ini adalah yang terparah mereka alami. Padahal,  tahun-tahun sebelumnya, mereka masih bisa menadah air hujan, sementara tahun ini, tidak ada hujan sama sekali.

Kendati demikian, warga bahkan mengaku akan menutup arus air yang harusnya diakses warga, tapi kini hanya bisa dimanfaatkan oleh perusahaan semen besar yang ada di daerah mereka.

"Kalau pemerintah setempat tidak secepatnya mencarikan solusi, terpaksa kami yang kerja sendiri supaya dapat air," katanya.

Hudzaifah Kadir/ Makassar

Pakar hukum tata negara Refly Harun.

Puji MK Persilakan Pemohon Serahkan Kesimpulan Sengketa Pilpres, Refly: Luar Biasa

Menurut Refly Harun, biasanya soal sidang sengketa pilpres itu tak diberikan kesimpuan. Tapi, berbeda dengan sidang kali ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024