Plat B Dilarang ke Bandung, Kapolri: Ojo Ngono Bikin Aturan

Evaluasi Pengamanan Pilpres di Menkopolhukam
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kapolri Jenderal Polisi Sutarman angkat bicara terkait rencana pelarangan masuknya kendaraan plat B (Jakarta) ke wilayah Bandung dan Bogor. Wacana ini digulirkan pemerintah kota setempat karena Bandung dan Bogor selalu macet dipadati mobil plat B, terutama saat libur.

"Kalau Polri, wilayah kita wilayah Republik Indonesia, jangan mengkotak-kotakan itu," kata Sutarman di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 17 September 2014.

Sutarman tak sependapat jika kemacetan di akhir pekan dijadikan alasan pemerintah daerah untuk membuat regulasi dengan melarang plat mobil tertentu masuk ke wilayahnya. "Kalau ada kemacetan atau apa kita atur. Jangan batas-bataskan daerah. Wilayah kita ini wilayah Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, bila kebijakan ini dipaksakan justru akan merugikan daerah itu sendiri, terutama dari aspek ekonomi. Banyak pengendara yang menggunakan plat B datang ke Bandung dan Bogor untuk mengisi libur akhir pekan dengan berwisata.

"Kita punya daya tarik, daya tarik kan orang akan datang. Orang datang akan menginap, belanja, akan makan, itu kan dampak ekonominya luas. Bisa diatur kalau macet. Biar nggak macet bikin jalannya dong," kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Jenderal bintang empat ini meminta Pemkot Bandung dan Pemda DKI Jakarta untuk mengkaji ulang aturan agar tidak tumpang tindih dengan aturan yang ada diatasnya, maupun dalam pelaksanaannya di lapangan.

"Ojo ngono bikin aturan. Perhatikan kebijakan yang lebih tinggi. Perda tidak bertentangan dengan peraturan di atasnya. Undang Undang  lantas itu tidak melarang plat nomor Jakarta masuk ke suatu wilayah, tidak ada dalam undang undangnya. Sehingga buat peraturan daerah jangan seperti itu," katanya.

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Bertemu Ahok

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa 16 September 2014.

Pertemuan itu membahas sejumlah persoalan, diantaranya soal pariwisata dan kemacetan di Kota Bandung yang salah satu penyebabnya tingginya volume kendaraan plat Jakarta yang masuk ke Kota Bandung, terutama di akhir pekan atau libur panjang.

"Pak Ridwan ini minta, kita, warga Jakarta, kalau ke Bandung pakai kereta api saja," ucap Ahok didampingi Ridwan Kamil di Balai Kota Jakarta. (ren)

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri

KPK Cegah Tiga Orang di Kasus Dugaan Korupsi di PT PLN, Siapa Dia?

Komisi Pemberantasan Korupsi, mencegah 3 orang terkait dengan penyidikan baru dugaan kasus korupsi yang terjadi di PT PLN (Persero). Dugaan pada pengadaan barang dan jasa

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024