Titik Api Meningkat, Kabut Asap Ancam Sumatera

Riau diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro
VIVAnews
Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian
- Ancaman kabut asap di Sumatera makin serius. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah hotspot (titik panas) di sejumlah daerah. Menurut Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), jumlah hotspot di beberapa provinsi mengalami peningkatan, termasuk provinsi Riau.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Kepala Bidang Data BNPB Agus Wibowo menjelaskan, satelit Terra dan Aqua Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 399 hotspot di Sumatera. Dari jumlah tersebut, 257 terdapat di Sumatera Selatan dan Jambi 38 titik. Sementara di provinsi Riau hotspot juga meningkat.
Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks


"Sebelumnya terpantau 9 titik, hari ini di Riau terdapat 45 titik," kata Agus Wibowo. Dia menambahkan, sisa hotspot lainnya tersebar di beberapa provinsi lain di Sumatera.


Maraknya hotspot ini menyebabkan
visibility
(jarak pandang) terganggu. Terutama di daerah dimana asap mengarah. Seperti beberapa hari sebelumnya, kabut asap dari Sumatera Selatan mengarah ke Jambi dan Riau. Hal ini menyebabkan Riau sempat diselimuti kabut asap dan mengganggu penerbangan.


"Hari ini jarak pandang beberapa daerah di Riau terganggu akibat kabut asap. Namun kondisinya tidak separah dua hari yang lalu. Seperti di Indragiri Hulu, jarak pandang hanya 3 kilometer akibat asap. Begitu juga halnya Pelalawan dan Dumai, akibat kabut jarak pandang masih terbatas 4 kilometer," ujarnya


Menurut Agus Wibowo, dari 45 hotspot yang terdapat di Riau, 20 titik berada di kabupaten Indragiri Hulu, 10 titik masing-masih berada di Pelalawan dan Indragiri Hilir. Sedangkan di kabupaten Kuantan Singingi terdapat 3 titik, Kampar dan Kepulauan Meranti masing-masing 1 titik. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya