Cegah ISIS, Menteri Agama Minta Masjid Seleksi Pendatang Baru

Menteri Agama Didesak Tolak Legalkan Nikah Beda Agama
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVAnews - Kementerian Agama akan melakukan pendekatan soft power untuk memerangi ISIS di Indonesia. Misalnya dengan mengedukasi dan penyadaran kepada warga masyarakat betapa bahayanya ISIS.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, ormas agama, tokoh masyarakat, dan masjid menjadi penting untuk membantu memberikan penyadaran kepada mayarakat.

"Betapa paham keagamaan yang dibawa gerakan ISIS sangat bertentangan dengan paham agama mayoritas di Indonesia. Mengusik dan mengganggu sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Lukman di Kantor Presiden, Jakarta, Minggu 14 September 2014.

Selain itu, kata Lukman, tokoh agama, ormas agama lebih intensif lagi untuk memberikan pemahaman keagamaan. Kemudian tempat-tempat ibadah, menurut dia, harus lebih selektif untuk bisa memberikan porsi pada orang-orang tertentu, apalagi pendatang yang tidak jelas asalnya.

"Jadi, masjid-masjid kita harus lebih selektif lagi, jangan mudah berikan kesempatan pada orang-orang asing yang tidak diketahui latar belakang agamanya. Karenanya, ini harus ditumbuhkan kewaspadaan agar bangsa Indonesia yang moderat, penuh toleran kemudian tidak mudah diubah dengan paham yang membawa kekerasan," katanya.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Sementara itu, untuk teroris yang ada di tahanan, kata Lukman, deradikalisasi sudah dilakukan oleh BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme). "Dan ini menurut hemat saya perlu ditingkatkan lagi," ujar dia.

Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024