Ini Perbedaan Gunung Slamet dengan Merapi

Gunung Slamet keluarkan lava, Jumat (12/9/2014).
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVAnews - Gunung Slamet di Jawa Tengah mengeluarkan lava pijar panas sejak beberapa hari lalu. Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengatakan letusan yang terjadi di Gunung Slamet merupakan letusan bertipe strombolian atau encer.

Diusung PKS jadi Bakal Cawalkot Depok, Imam Budi Hartono: Kerja Berat Menanti Saya

Menurut dia, ancaman bahaya tipe gunung ini hanya dalam radius 4 kilometer. Untuk itu warga yang berada di kawasan Gunung Slamet diimbau tetap tenang.

Menurutnya, dari hasil penelitian dan data sejak tahun 1772, letusan Gunung Slamet hanya mengeluarkan maksimum dua juta meter kubik material.

"Letusan Gunung Slamet yang terjadi sekarang ini berbeda dengan Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah," katanya.

Dia mengungkapkan, Gunung Merapi yang memiliki magma sangat kental dan gas yang sangat kuat, sehingga energi yang dihasilkan sangat besar. Gunung ini meletus hebat pada 2010. Dalam bencana itu, sejumlah warga meninggal dunia. Termasuk penjaga Merapi,

Sementara, Gunung Slamet yang memiliki karakter letusan strombolian, memiliki letusan yang relatif aman dibandingkan Merapi. "Ancaman bahaya di radius 4 kilometer. Warga dilarang masuk radius itu," kata Surono.

Untuk itu, dia meminta warga yang berada di kawasan Gunung Slamet tidak terpengaruh dengan berita-berita yang menyesatkan. Meski suara dentuman Gunung Slamet terdengar hingga berkilo-kilometer, namun ancaman bahaya hanya dalam radius 4 kilometer. (ita)

(tvOne/Sigit Pamungkas)

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Baca juga:

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi
Davina Karamoy Saat Promo film Jin dan Jun di Kantor Viva.co.id

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

Davina Karamoy mengungkapkan bahwa dia belum merasa mantap untuk mengenakan hijab, meskipun dia sudah menjadi mualaf sejak masa SMA, tapi belum memilih berhijab.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024