Jaksa Harap Anas Urbaningrum Contoh Sikap Wisanggeni

Anas Urbaningrum Jalani Sidang Tuntutan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Jaksa Penuntut Umum menuntut mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dengan pidana penjara selama 15 tahun dan denda Rp500 juta subsidair lima bulan kurungan, Kamis 11 September 2014.

Pada bagian akhir pembacaan surat tuntutan, Jaksa Yudi Kristiana sempat menyindir Anas Urbaningrum yang duduk sebagai terdakwa.

Yudi menyindir Anas yang pernah mengganti profile Blackberry menjadi seorang tokoh pewayangan, Wisanggeni.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Wisanggeni merupakan tokoh istimewa dalam pewayangan Jawa yang dikenal pemberani, tegas dalam bersikap, serta memiliki kesaktian luar biasa.

"Kami selaku JPU yang diberikan kehormatan untuk menuntut seorang politikus, muda, cerdas di pengadilan, berharap semoga terdakwa Anas Urbaningrum yang mengidentikkan diri sebagai sosok Wisanggeni bukan semata-mata memperlihatkan kesaktiannya yang tak tertandingi untuk membuat kayangan bubar," kata Jaksa Yudi.

Jaksa menyinggung mengenai pengaruh Anas yang cukup besar, lantaran posisinya yang merupakan anggota DPR, ketua fraksi serta ketua umum partai penguasa.

Yudi berharap Anas mencontoh perilaku dan sikap Wisanggeni dalam hal bertindak dengan hati yang dipenuhi keluhuran budi, untuk rela berkorban demi keutuhan negeri. Bukan berperilaku sebaliknya.

"Meskipun terdakwa tidak bisa ikut dalam kontestasi Barathayuda pilpres 2014, tetapi pengorbanannya menjadikan unggulan Pandawa dalam perang Barathayuda," ujar Jaksa Yudi.

Sebagai penutup, Yudi pun mengutip perkataan seorang pujangga tanah jawa, Ronggowarsito.

"Bukankah Ronggowarsito pernah berkata, 'Suro diro jaya diningrat, lebur dening pangastuti' (Semua Keberanian, Kekuatan, Kejayaan, dan Kemewahan yang ada di dalam diri manusia yang menimbulkan kerusakan, ketakaburan, kelicikan dan angkara murkaakan dikalahkan, dihancurkan oleh Kebijaksanaan, Kasih Sayang, dan Kebaikan yang ada di sisi lain dari manusia itu sendiri)," kata dia. (ita)

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024