Maluku Belum Dapat Buku Kurikulum 2013, Mendikbud Diprotes

Aliansi Revolusi Pendidikan Tolak Kurikulum 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
- Senator atau anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Maluku, Anna Latuconsina, memprotes Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh. Soalnya adalah banyak sekolah di Maluku belum menerima buku kurikulum 2013.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Menteri Pendidikan selalu mengatakan buku sudah didistribusikan ke seluruh wilayah se-Indonesia, tapi buktinya di Maluku belum menerima, kata Anna saat mengunjungi SDN I Hitu Kabupaten Maluku Tengah, dan SMP Katolik Mediatrix Kota Ambon pada Kamis, 11 September 2014.
Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024


"Yang kami temui di lapangan ternyata semua sekolah di Maluku belum menerima buku pegangan untuk guru, juga buku untuk siswa di semua tingkatan SD, SMP dan SMA. Hanya SMP di Kota Ambon yang sudah menerima bukunya," kata Anna.


Dari kunjungan bersama empat Senator lain, Anna mengaku menerima informasi bahwa hal tersebut karena beberapa faktor, seperti dugaan ada mafia buku, pihak sekolah terlambat memesan, dan lain-lain. Tapi, ia berpendapat, pergantian kurikulum seharusnya didahului evaluasi terhadap kurikulum lama.


“Kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang lama baru berusia sepuluh tahun. Belum diserap dengan baik oleh guru di pelosok Tanah Air, sudah diganti, tanpa ada evaluasi," kata Latuconsina.


Ia juga mengatakan, ada temuan sejumlah sekolah mengambil inisiatif sendiri untuk membeli buku kurikulum 2013 kemudian diperbanyak kepada siswa.


"Sementara pengiriman CD (piringan bundar untuk menyimpan data digital) bahan ajar dan buku paket kurikulum 2013 kepada sekolah dari Kementerian Pendidikan tidak ada alokasi anggaran kepada sekolah untuk menggandakan CD tersebut. Itu artinya harus ada dana khusus untuk fotokopi dan mencetak buku," kata Anna.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya