Seorang Bocah Lahir dengan Kelamin Perempuan lalu Berubah Laki-laki

Ilustrasi Jenis Kelamin
Sumber :
  • iStock
VIVAnews
Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris
- Seorang bocah berusia sembilan tahun di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjalani operasi penyempurnaan alat kelamin. Sebab, bocah bernama Endah Purwa Ekawati itu lahir dengan kelamin perempuan tapi saat berusia sembilan tahun, alat kelaminnya berubah menjadi laki-laki.

Terima Maaf Pendeta Gilbert, MUI: Dia Tidak Ada Niat Menghina Islam

Menurut dokter, kelainan itu disebut hipospadia atau kelainan bawaan lahir pada anak laki-laki, yang dicirikan dengan letak abnormal lubang kencing tidak di ujung kepala penis seperti layaknya tetapi berada lebih bawah/lebih pendek. Secara sederhana disebut kelainan tumbuh kelamin.
Ada Sosok Mencurigakan saat Pertandingan Persik Vs Bhayangkara FC


Martadi dan Luki Ratnawati, orangtua bocah tersebut, mengira anaknya adalah perempuan saat lahir. Maka, mereka memberi nama feminin, yakni Endah Purwa Ekawati. Kedua daun telinga Endah pun ditindik untuk dipasangi diberi anting, seperti lazimnya anak perempuan.


Saat berusia setahun, kata Ratnawati, Endah sempat sakit dan dirawat di rumah sakit. Dokter mendiagnosis Endah menderita hernia. Tapi dokter heran karena penyakit hernia hanya terjadi pada anak laki-laki.


Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ternyata Endah adalah anak laki-laki yang menderita hipospadia dan harus dioperasi. Setelah diuji kromosom dan dua kali dioperasi di Rumah Sakit Sarjito dan Rumah Sakit Nur Hidayah, Endah dipastikan laki-laki. Orangtuanya mengganti nama Endah Purwa Ekawati menjadi Endra Cahya Putera.


Rumah Sakit membebaskan biaya operasi dan perawatan Endra karena orangtuanya adalah keluarga miskin. Selain Endra, sejumlah anak yang menderita hipospadia, dikumpulkan dan akan menjalani operasi penyempurnaan serupa anak pasangan suami istri asal Siluk, Imogiri, Kabupaten Bantul itu. (ren)


ANTV/Santosa Suparman
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya