Menteri Agama: Arab Saudi Tidak Akan Pindahkan Makam Nabi

Menteri Agama Lepas Kloter Pertama Jamaah Haji
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVAnews - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menyatakan bahwa pemerintah Arab Saudi tidak memiliki rencana untuk memindahkan makam Nabi Muhammad Saw di Masjid Nabawi, Madinah. Menurutnya, informasi itu ia dapatkan setelah melakukan tabayyun (mengkonfirmasi informasi secara langsung dengan otoritas resmi) kepada duta besar Arab Saudi di Indonesia, Mustafha bin Ibrahim Al-Mubarok.

"Pak Dubes sampaikan bahwa pemerintah Arab Saudi tidak memiliki rencana untuk memindahkan makam Rasulullah. Beliau berkali-kali menyampaikan, Arab Saudi sebagai pelayan dari dua tanah suci, yaitu Mekkah dan Madinah, memiliki komitmen yang tinggi untuk melindungi keberadaan makam itu," ujarnya dalam konferensi pers yang diadakan di kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 4 September 2014.

Lukman melanjutkan, isu tentang rencana pemindahan makam ini bermula dari pemberitaan yang dilakukan oleh The Independent, sebuah surat kabar dari Inggris. Dia menilai, berita tersebut merupakan suatu bentuk fitnah yang disebarkan kepada masyarakat luas.

"Pak Dubes mengklarifikasi bahwa berita itu sama sekali tidak benar dan bukanlah sikap resmi pemerintah Arab Saudi," ucapnya.

Terhadap klarifikasi yang telah diberikan itu, Lukman pun mengharapkan agar umat muslim di Indonesia tak tersulut emosinya dan tetap bisa berpikir jernih dalam menghadapi pemberitaan yang tidak jelas seperti itu.

"Sesungguhnya telah jelas bahwa pemberitaan itu tidak benar. Semua umat muslim dan semua ormas Islam, mudah-mudahan bisa menerima konfirmasi ini dan tidak perlu terlalu menguras emosi kita lagi hanya karena berita yang berdasarkan sumber yang tidak jelas seperti itu," ucapnya.

Berantas Judi Online, Tanggung Jawab Siapa?

Lebih jauh soal isu ini, saksikan pula dialog pro-kontra pembongkaran makam nabi di tvOne, Kamis 4 September 2014, pukul 18.00 WIB.

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Firman Soebagyo

Golkar Merasa Wajar jika Dapat 5 Kursi Menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran

Keinginan Partai Golkar mendapat jatah lima kursi dalam kabinet Prabowo-Gibran diklaim wajar. Sebab Golkar parpol yang mengusung cawapres Gibran Rakabuming Raka. 

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024