KPK Segera Umumkan Status Jero Wacik

Menteri ESDM Jero Wacik di KPK, Senin 2 Desember 2013
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi segera memastikan status hukum Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik terkait penyelidikan dugaan adanya tindak pidana korupsi di Kementerian yang dia pimpin itu.

Hari ini, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan ekspose penyelidikan kasus ini sudah dilakukan dan akan segera diumumkan hasilnya.
"Saya menduga minggu ini akan diumumkan," kata Bambang.

Apakah KPK segera menaikkan status Jero Wacik menjadi tersangka, Bambang menjawab diplomatis bahwa gelar perkara memang sudah dilakukan. Dia menjanjikan pengumuman hasil gelar perkara akan segera diumumkan.

"Selambat-lambatnya akhir minggu ini. Yang bisa dikonfirmasi hanya jadwal pengumuman hasil ekspose saja dulu," ujar Bambang.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Terkait penyelidikan kasus ini, sejumlah orang sudah dipanggil KPK untuk dimintai keterangan. Antara lain, Jero Wacik dan istrinya, Triesnawati. Selain itu, Daniel Sparringa yang merupakan Staf Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bidang Komunikasi Politik.

Penyelidikan dugaan penyimpangan dana di kementerian ESDM dari tahun 2010 sampai 2013 ini merupakan pengembangan kasus yang menyeret mantan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM dan suap yang menyeret mantan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas)

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Keterangan Jero

Pada Rabu 16 Juli 2014, Jero Wacik diperiksa selama delapan jam dalam penyelidikan kasus penyimpangan anggaran di Kementerian ESDM.

Usai menjalani pemeriksaan, Jero Wacik mengaku banyak menjawab tidak tahu kepada penyidik terkait kasus korupsi di kementerian yang dia pimpin. Menurut dia, penyimpangan itu terjadi pada 2010, sebelum dia menjabat menteri ESDM.

"Saya memberi keterangan terkait penyelidikan dugaan penyimpangan dana di kementerian ESDM dari tahun 2010 sampai 2013. Itu yang surat ini bunyinya seperti itu. Saya menjelaskan tadi, ditanya 2010 tentu tidak tahu apa-apa, saya kan baru jadi menteri 2011 bulan Oktober," kata Jero di Gedung KPK.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu kembali menegaskan, bahwa dia sama sekali tidak mengetahui penyimpangan yang terjadi di Kementerian ESDM. Karena dia baru menjabat Menteri ESDM pada Oktober 2011.(ita)

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya
Dak Galbi

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Asia, dengan kekayaan budaya dan ragam kuliner yang mengagumkan, merupakan destinasi impian bagi banyak pelancong. Namun, ada negara yang tidak ramah vegetarian.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024