Busyro Muqoddas Kembali Daftar Jadi Pimpinan KPK

Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi
VIVAnews -
Komet Setan Muncul Jelang Idul Fitri
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Busyro Muqoddas, mendaftar kembali sebagai calon pimpinan lembaga tersebut. Busyro akan memasuki masa akhir jabatan pada 10 Desember 2014.

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen

"Iya, atas permintaan dan dorongan beberapa kalangan, mulai Jumat yang lalu saya mulai menimbang-nimbang untuk menghormati mereka dan akhirnya tadi pagi saya ambil keputusan," kata Busyro dalam keterangannya kepada wartawan, Senin 1 September 2014.
Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya


Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Amir Syamsuddin, mengatakan bahwa hingga saat ini panitia seleksi calon pimpinan KPK telah menerima sekitar 20 orang. Dia membenarkan mantan Ketua Komisi Yudisial itu mendaftar lagi.


"Pak Busyro juga sudah mendaftar hari ini. Saya tadi ada di acara dengan Pak Wapres, saya dapat kabar," kata Amir, yang merupakan Ketua Dewan Panitia Seleksi Pimpinan KPK.


Pendaftaran Busyro sebagai pimpinan KPK mendapat apresiasi positif dari Amir. Sebab, Busyro memiliki rekam jejak yang baik.


"Dia punya rekam jejak yang cukup baik selama ini. Saya kira itu menjadi modal yang besar bagi dia untuk maju dalam seleksi pansel ini," ujar dia.


Meski demikian, Amir enggan mengomentari peluang Busyro untuk kembali terpilih menjadi pimpinan KPK. Amir mengatakan bahwa semua yang mendaftar mempunyai peluang yang sama.


"Saya kira semua yang mendaftar punya peluang tapi ini kan melalui tahapan awal itu seleksi administrasi, selanjutnya kompetensi, kesehatan, rekam jejak, masih akan berjalan," kata Amir. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya