Ganjar Tak Datang, Debat dengan Dewan Batal

Ganjar Pranowo marah
Sumber :
  • Humas Pemprov Jateng
VIVAnews -
Gibran Absen di Upacara Hari Otoda, Tak Dapat Penghargaan Satyalencana
Adu debat terbuka Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Vs DPRD yang difasilitasi wartawan Pemprov Jateng, Senin 1 September 2014 batal. Acara sedianya dimulai pukul 10.00, namun hingga pukul 10.30 sang Gubernur tak juga datang.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Sementara empat perwakilan anggota DPRD Jateng yang akan meladeni debat dengan Ganjar telah datang tepat waktu. Ketiganya adalah Pradjoko Hariyanto (Fraksi Demokrat), Hadi Santoso (Fraksi PKS) dan Sasmito (Fraksi Golkar) dan Alfasadun (Fraksi PPP). Hadir pula moderator debat, Isdiyanto dan pengamat politik Universitas Diponegoro, Budhi Setiyono.
Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor


Belum diketahui alasan pasti Ganjar mangkir dari undangan acara debat dengan DPRD yang telah diagendakan jauh-jauh hari sebelumnya tersebut.


Namun, informasi yang dihimpun, Ganjar belum menghadiri acara debat melawan anggota dewan lantaran dia tengah menghadiri acara rapat paripurna DPRD dengan agenda pengesahan Peraturan Daerah tentang Daerah Aliran Sungai (DAS).


Atas perihal tersebut, Ketua Panitia acara debat, Budiono Isman mengaku sangat menyayangkan jika Gubernur Ganjar yang menginisiasi debat dengan dewan justru tidak hadir. Sementara untuk masalah waktu, sebelumnya sudah dikonsultasi dengan gubernur.


"Sebetulnya kalau masalah paripurna kan bisa diwakilkan Pak Heru Sudjatmoko selaku wakil gubernur. Dulu saja saat ada remisi di lapas Kedungpane padahal itu agenda percepatan perubahan anggaran juga dia diwakilkan kok," kata Budi yang juga wartawan senior Jateng tersebut.


Atas ketidakhadiran Ganjar, kata Budi, maka acara debat belum bisa diteruskan. Karena syarat utama debat Gubernur Vs DPRD masih belum lengkap.


"Kalau debat kita laksanakan saat ini, maka timpang, karena gubernurnya
nggak
datang, " imbuh dia.


Acara kemudian dialihkan ke dalam diskusi mengkritisi kepemimpinan Gubernur Ganjar selama satu tahun. "Kalau tiba-tiba di tengah diskusi gubernur datang maka acara diskusi kita ubah dengan acara debat, " timpal Budi.


Seperti diberitakan, hubungan antara Gubernur Ganjar Pranowo dengan sejumlah kalangan dewan memanas. Awalnya, Ganjar menganggap bahwa kritik dua anggota DPRD Jateng Prajoko Haryanto dan Sasmito tidak disertai dengan data dan logika.

Kritik tersebut di antaranya mengenai perekrutan Dirut Bank Jateng yang dianggap tidak fair, serta terkait seleksi promosi terbuka Sekretaris Daerah yang dituding hanya pencitraan Ganjar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya