Jokowi Ungkap Rahasia Kemenangan Pilpres

Jokowi-JK Hadiri Halal BIhalal NasDem
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Datang sebagai tamu di acara sarasehan para kiai dan cendekiawan Nahdatul Ulama di Pondok Pesantren Al Hikam, Kukusan Beji Depok, Joko Widodo mengungkap kunci sukses kemenangannya di Pemilihan Presiden 2014.

"Pilpres ini hakikatnya karena Allah. Saya ini apa sih? Finasial saya enggak punya, body saya juga enggak punya, pintar saya tidak merasa, dukungan politik dan koalisi saya kalah," tutur Gubernur DKI Jakarta yang biasa disapa Jokowi itu di hadapan para kiai NU yang hadir dari 34 Provinsi se-Indonesia, Sabtu 30 Agustus 2014.

Jokowi pun mengatakan, berbagai rintangan saat pilpres lalu, membuatnya lebih hati-hati dalam mengambil tindakan. Sebab, sedikit kesalahan saja bisa ramai. Ini tak lain karena kamera yang bisa kapan saja diunggah ke media sosial.

Terpopuler: Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR, Sederet Artis yang Meninggal di Bulan Ramadhan 2024

Dia mencontohkan saat ibadah umrah sebelum pilpres lalu. Katanya, dia salah pakai baju ihram. Lalu fotonya menyebar sangat cepat. "Lah wong ada KH Hasyim (Muzadi) kok. Saya ikuti. Masa saya dibilang salah pakai," katanya yang langsung disambut tawa tamu undangan.

Selain itu, ada lagi yang ramai. Saat umrah itu, Kiai Hasyim capek, lalu Jokowi mengoles minyak ke kakinya, langsung gambar itu menyebar. "Kalau saya ngolesi kaki kiai ya wajarlah. Nah kalau Kiai yang ngoles kaki saya baru aneh," katanya.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

Tapi, dia bersyukur karena dukungan para kiai NU dia bisa menang dalam pilpres.

Usai memberikan sambutan, Jokowi bersama Hasyim Muzadi menyempatkan diri bersalaman ke ratusan ulama NU yang hadir dari 34 Provinsi se Indonesia itu. (ita)

Top Trending: Sosok di Balik Gambar Khong Guan Hingga Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!
Ekspresi kecewa pemain Liverpool

Hasil Lengkap Liga Europa: AC Milan Keok, Liverpool Hancur Lebur

AC Milan harus mengalami kekalahan dari sesama wakil Italia AS Roma. Rossoneri takluk 0-1 di San Siro gegara gol Gianluca Mancini di menit 17. Liverpool dihajar Atalanta.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024