Menara Sutet di Garut Roboh Karena Besinya Dicuri

Warga Naiki Sutet
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka
- Di Garut, sebuah menara saluran udara tegangan tinggi (Sutet) roboh sehingga memutus aliran listrik ke puluhan ribu rumah. Menara milik PLN ini diduga roboh karena tiang penyangganya dipreteli pencuri.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Sutet nomor 16 di Gardu Induk Sumadra persisnya berdiri di Kampung Pasir Tonggeret, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Menara setinggi 30 meter itu diketahui ambruk setelah PLN mendapat pengaduan warga bahwa listrik padam di sejumlah kawasan di Garut selatan.
Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik


Pegawai Gardu Induk Sumadra lalu menemukan penyebab listrik padam adalah karena aliran listrik terputus setelah menara roboh. Menara yang berada di kawasan perkebunan teh ini merupakan bagian dari jaringan penyuplai listrik ke puluhan ribu pelanggan di Garut, Tasikmalaya, dan Cianjur.


Manajer PLN Rayon Pameungpeuk, Garut Kardiman, menyatakan, perlu waktu beberapa hari untuk memperbaiki menara tersebut. Sementara, aliran listrik akan dipulihkan dengan menggunakan tiang penyangga darurat.


Akibat peristiwa ini, sekitar 73 kepala keluarga di Garut dan sekitarnya tidak mendapatkan layanan listrik selama beberapa jam. PLN juga memberlakukan pemadaman bergilir sambil menunggu perbaikan menara. (ita)


tvOne/ Janur M Bagus
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya