Pemprov Lampung Bantah Jual Pulau Kiluan

Ilustrasi pulau-pulau yang dijual
Sumber :
  • www.privateislandsonline.com

VIVAnews - Sebuah situs luar negeri www.privateislandonline.com sempat membuat gerah Pemerintah Provinsi Lampung dengan mencantumkan iklan yang menawarkan penjualan Pulau Kiluan yang berada di Kecamatan Putih Doh, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Dalam iklan tersebut, tertulis bahwa Pulau Kiluan yang seluas 50 hektar ditawarkan dengan harga US$300 ribu atau sekitar Rp3,51 miliar untuk masa 25 tahun, dan bisa diperpanjang hingga 70 tahun. Dalam iklan berbahasa Inggris itu juga tertulis, selain dijual, pulau tersebut juga bisa disewakan.

Iklan penjualan pulau yang ditulis situs luar negeri itu langsung dibantah Pemprov Lampung. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung, Herlina Warganegara, menegaskan, bahwa tidak benar ada penjualan pulau di Lampung.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanggamus, dan belum ada laporan tentang penjualan Pulau Kiluan di Kecamatan Putih Doh, Kabupaten Tanggamus," ujar Herlina kepada VIVAnews, Rabu 27 Agustus 2014.

Menurut Herlina, tidak semudah itu menjual sebuah pulau. Karena hal itu diatur dalam Undang-Undang No 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

"Memang selama ini pengelolaan Pulau Kiluan masih dilakukan oleh perseorangan, namun tidak semudah itu juga menjual sebuah pulau," tegasnya.

Dalam situs tersebut, selain Pulau Kiluan, pulau lain di Indonesia yang dijual adalah Pulau Kumbang di Sumatera Barat, namun dijual dengan harga lebih mahal, yakni US$1.880.000 atau sekitar Rp22 miliar. Dalam iklan itu, terdapat juga peringatan aturan hukum mengenai kepemilikan pulau di Indonesia. (one)

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024