Jalur Evakuasi Gunung Slamet Diperbaiki

Aktivitas Vulkanik Gunung Slamet
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah/Koz/pd/14

VIVAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, memastikan sejumlah jalur evakuasi pengungsian Gunung Slamet di lima kabupaten sudah bisa dilalui. Sebelumnya, kondisi jalur evakuasi di beberapa wilayah masih rusak parah.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Pramana telah mengecek langsung kondisi terkini jalur evakuasi Gunung Slamet. Baik di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang, dan Brebes.

"Intinya, jalur evakuasi Gunung Slamet masih bisa dilalui kendaraan berat jika sewaktu-waktu terjadi erupsi, " kata dia kepada VIVAnews, Rabu 27 Agustus 2014.

Dia mengatakan, sejak terjadi erupsi sebelumnya, sejumlah jalur evakuasi yang rusak parah telah banyak dibenahi oleh pemerintah kabupaten/kota. Hal itu, sesuai dengan instruksi langsung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Pembenahannya bertahap. Saat ini, sudah mulai bisa dilewati kendaraan," katanya.

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Kendati demikian, kata dia, tidak semua jalur evakuasi dalam kondisi mulus dan diaspal dengan baik. Seperti halnya di Kabupaten Banyumas, yang jalur evakuasinya terputus dan harus memutar melewati daerah lain.

Sedangkan berapa jumlah daerah yang jalur evakuasinya masih rusak, lanjut Sarwa, jumlahnya bervariatif. Sebab, masing-masing kecamatan dan desa berbeda-beda. "Seperti di Purbalingga, ada dua jalur yang belum baik, namun kami sudah pantau dan siapkan untuk dibenahi," beber dia.

Sarwa menambahkan, jika sewaktu-waktu terjadi erupsi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa instansi lain, untuk siap memberikan pelayanan kepada masyarakat terdampak erupsi.

"TNI/Polri dan Bina Marga juga sudah bekerja sama dengan kami, terkait perbaikan jalur evakuasi ini," kata dia. (asp)

Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Bagi pemula yang ingin memulai investasi, reksadana adalah pilihan yang tepat. Reksadana menawarkan cara mudah dan menguntungkan untuk menumbuhkan uang Anda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024