Solar Sulit Didapat, Banyak Bus Berhenti Operasi

Pemudikan mulai berdatangan di Terminal Tirtonadi, Solo
Sumber :

VIVAnews - Pembatasan pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai berdampak di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Padang Sidimpuan, Sumatera Utara, Rabu, 27 Agustus 2014.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Meski baru buka pada pagi hari, tapi ratusan kendaraan sudah antre untuk mendapatkan jatah BBM subsidi. Akibat antrean di SPBU Indra Angkola di Jalan Imam Bonjol, ratusan kendaraan terlihat terjebak kemacetan panjang yang mencapai 2 kilometer.

Guna mengatasi kelangkaan akibat dampak dari pembatasan BBM bersubsidi, SPBU Indra Angkola menjatah setiap pembelian solar pada angkutan umum, truk, dan mobil pribadi. Untuk kendaraan besar, dijatah hanya Rp400 ribu, sedangkan mobil pribadi dan angkutan umum hanya diperbolehkan membeli Rp200 ribu.

Tanjung, Asisten Manajer SPBU Indra Angkola mengatakan, SPBU yang dikelolanya mendapat pengurangan jatah pasokan BBM dari depot Pertamina Sibolga.

"Biasanya 18 ton per hari, sekarang hanya 18 ton untuk dua hari. Kami terpaksa membatasi pembelian solar," katanya.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

Bus berhenti operasi

Sementara itu, kelangkaan solar di Jember, Jawa Timur, menyebabkan ratusan bus antarkota antarprovinsi berhenti operasi. Dari pantauan, jalur keberangkatan bus di Terminal Tawang Alun, Jember, kosong. Penumpang beralih menggunakan kereta api.

Saat ini, hanya bus jarak dekat seperti Jember-Probolinggo dan Jember-Banyuwangi yang berada di jalur keberangkatan bus.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Menurut Kepala Terminal Tawang Alun, Samson, sejak Senin lalu, hanya 40 persen bus yang masih beroperasi. Sejumlah kru bus terpaksa tidak mengoperasikan kendaraan mereka. Bila mendapat solar 100 liter, itu hanya cukup untuk satu kali perjalanan. Dan itu diperoleh setelah antre 7 jam.

"Selebihnya memilih parkir di terminal. Dari delapan jalur keberangkatan, terlihat jalur keberangkatan Jember-Malang dan jalur patas Malang yang terisi," katanya.

Menurut data, di Terminal Tawang Alu setiap hari tersedia 222 bus. Namun, setelah ada pembatasan bahan bakar hanya tersedia 90 armada. (art)

tvOne/Dedi Herianto dan Sinto Sofiadin

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Momen Shin Tae-yong (STY) dilempar telur kembali viral dan ramai diungkit warganet jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024