Ini Pemicu Utama Kejahatan Seksual pada Anak

Ilustrasi kekerasan seksual.
Sumber :
  • VIVAnews/Joseph Angkasa
VIVAnews
OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global
- Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Seto Mulyadi, mengatakan bahwa semakin tingginya tingkat kejahatan seksual di kalangan anak-anak, karena beberapa faktor. Salah satunya adalah pendidikan dan taraf ekonomi keluarga yang rendah.

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

"Karena hal itu, seorang anak juga bisa menjadi pelaku kejahatan, bahkan bisa dibilang sebagai psikopat," kata Kak Seto, sapaan akrabnya kepada
Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024
VIVAnews.

Menurut Kak Seto, faktor lain yang memicu semakin banyaknya pelaku kejahatan seksual anak, yaitu kepadatan penduduk di area yang ditinggalin oleh anak-anak.


"Ekonomi yang semakin sulit, ditambah kepadatan penduduk semakin meningkat, anak-anak menjadi rentan oleh pelaku kejahatan seksual pada anak dan psikopat," katanya


Sementara itu, Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait menambahkan, kejahatan yang terjadi pada anak tidak memandang tempat, karena bisa terjadi di mana saja.


"Faktor pendidikan, ekonomi, dan geografis pemicu utama terhadap kejahatan seksual pada anak," ujar Arist.


Dia melanjutkan, khususnya di DKI Jakarta, dari kelima wilayah DKI, Jakarta Timur menjadi wilayah tertinggi tempat terjadi kekerasan terhadap anak.


"Dari beberapa faktor, wilayah Jakarta Timur tertinggi. Setiap hari ada pengaduan kasus seksual terhadap anak," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya