Saksi: Ada 17 Dus Berisi Uang untuk Pemenangan Anas

Anas Urbaningrum dan Nazaruddin di Kongres Partai Demokrat
Sumber :
  • Flickr
VIVAnews -
Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
Aan, mantan sopir Muhammad Nazaruddin mengungkapkan pernah mengetahui ada sejumlah uang yang disiapkan untuk dibawa ke Kongres Partai Demokrat di Bandung pada tahun 2010 lalu. Kata dia, uang tersebut disimpan dalam 17 buah kardus.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Hal ini diungkapkan Aan saat dihadirkan menjadi saksi untuk terdakwa Anas di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 21 Agustus 2014.
Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23


Menurut dia, uang tersebut merupakan terkait dengan pencalonan Anas Urbaningrum di dalam kongres.


"Persiapan mendukung Anas yang disiapkan uang ada total mungkin sekitar 17 dus. Sebanyak 11 dus dibawa mobil box, 6 dus dibawa Fortuner," ungkap Aan.


Aan mengaku tidak melihat langsung uang tersebut. Namun, dia  diperintahkan Nazaruddin memeriksa kesiapan perjalanan ke Bandung itu. Aan kemudian menghubungi kepala keamanan perusahaan bernama Dede.


Menurut Aan, uang yang di dalam dus itu dibawa ke Hotel Aston yang bersebelahan dengan posko tim pendukung Anas. "Di Hotel Aston bersebelahan dengan Grand Aquilla yang mendukung pencalonan Pak Anas jadi ketum," tutur Aan.


Aan juga mengaku pernah ikut membagikan uang di Hotel Grand Aquilla. "Saya sih yang ikut bagikan di Aquilla, yang saya tahu ke ketua-ketua DPC," tutur dia.


Diberitakan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa mantan Anggota Komisi X DPR Anas Urbaningrum telah menerima hadiah atau gratifikasi berupa dua mobil mewah dari proyek Hambalang dan proyek-proyek lainnya.


Jaksa juga mendakwa mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu telah menerima uang dari kegiatan survei pemenangan kongres Partai Demokrat tahun 2010 sebesar Rp487 juta, serta uang sejumlah Rp116 miliar dan US$5,2 juta. Baca dakwaan terhadap Anas selengkapnya di

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya