KPK: Putusan atas Gugatan Pilpres Bisa Kembalikan Marwah MK

Jumpa Pers Operasi Tangkap Tangan KPK di Kab, Buol
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto, yakin Mahkamah Konstitusi akan mengambil keputusan yang terbaik dalam gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum yang akan dibacakan hari ini, Kamis 21 Agustus 2014,

Menurut Bambang, hal tersebut terindikasi dari sikap profesional, prudensial dan fairness yang diperlihatkan MK pada seluruh proses penanganan sengketa Pilpres 2014 yang telah berlangsung.

"Putusan terbaik MK dalam sengketa ini dapat ditujukan sebagai rebound yang kelak akan dapat mengembalikan marwah, kewibawaan dan kehormatan MK sebagai The Guardians of Constitution and The Guardian of Justice for Voters and Election," tutur Bambang dalam keterangan tertulis kepada wartawan.

Bambang berharap agar semua pihak dapat menghormati putusan MK, karena sifat putusannya final dan mengikat. Selain itu, menurut Bambang, putusan MK nanti akan menjadi kesempatan untuk membuktikan sifat kenegarawanan semua pihak.

Dia menambahkan, paska putusan MK itu harus dijadikan titik tolak agar semua elemen kekuasaan dan masyarakat dapat bersatu, untuk membangun gerakan sosial anti korupsi.

Gerakan itu, lanjut Bambang, berbasis pada sikap dan perilaku amanah dan berintegritas dalam menjalankan mandat kewenangannya sebagai penguasa.

"Dan rakyat akan terlibat aktif untuk memastikan agar akuntabiltas penggunaan kewenangan dari kekuasaan, dijalankan hanya untuk kepentingan kemaslahatan rakyat saja," tutur dia. (ren)

Menteri Budi Arie Sebut Kominfo Take Down Ribuan Hoaks Soal Pemilu 2024
Budi Arie Setiadi, Ketua Umum Projo, Menteri Komunikasi dan Informatika

Menkominfo: Hampir 92% Kebisingan Ruang Digital Isinya Buzzer

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa hampir 92 persen kebisingan yang terjadi dalam ruang digital di Indonesia dipenuhi oleh buzzer.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024