1.000 Bendera Merah-Putih Berkibar di Lereng Merapi

Bendera merah putih dan pesawat
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Warga Yogyakarta rupanya tak ingin melewati momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-69 dengan cara yang biasa.

Nikmati Hari Raya Tanpa Khawatir! Ini Tips Jitu Cegah Kolesterol Tinggi

Sebagai wujud nasionalisme mereka, sekelompok warga yang tergabung dalam komunitas "Seribu Cita untuk Indonesia" memasangkan 1.000 bendera merah-putih di lereng Gunung Merapi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sejak pagi hari mereka sibuk mengangkut bambu-bambu yang telah diikatkan dengan bendera merah-putih. Sedikit demi sedikit, bambu beserta penyangganya dibawa dari bungker Kali Adem hingga ke lereng Merapi yang berjarak sekitar satu kilometer.

Usai dipindahkan, satu persatu bendera itu kemudian ditancapkan dengan penuh rasa semangat.

"Kami terdiri dari 80 orang relawan. Pemasangan bendera kami lakukan untuk memupuk dan mengembangkan rasa cinta terhadap Tanah Air,"
tukas Koordinator Acara, Markus, Sabtu 16 Agustus 2014.

Pemilihan lokasi lereng Gunung Merapi sendiri ditempuh agar wisata yang telah banyak menghidupi warga sekitar Yogya itu dapat terangkat kembali paska erupsi 2010 lalu.

Pihaknya memastikan, dengan jumlah relawan yang banyak ini, pekerjaan menancapkan bendera akan rampung pada hari ini juga.

Rencananya, besok, puluhan relawan tersebut bakal menggelar upacara bendera di tempat ini. Tak lupa, pihaknya pun mengajak seluruh warga sekitar untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Tahun lalu, kami juga telah memasang 1.000 bendera merah putih di pesisir Pantai Selatan," tutupnya.

Seorang Pria Nekat Terobos Istana Negara di Malam Takbiran, Polisi Bilang Begini

(Laporan: Sigit Pamungkas/tvOne/Yogyakarta)

[dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif]

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terus mendorong kemunculan industri-industri kreatif baru di Tanah Air saat ini.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024