Wakil Menhub: Seharusnya THR Diberikan Jauh Hari Sebelum Lebaran

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono
Sumber :
  • Dok. Antara
VIVAnews - Pemberian THR (Tunjangan Hari Raya) dan cuti bersama Lebaran memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kepadatan arus mudik Lebaran.
Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Maka dari itu, Wakil Menteri Perhubungan RI Bambang Susantono mengharapkan, pada tahun-tahun mendatang perusahaan-perusahaan dapat mempertimbangkan waktu pemberian dua hak karyawan menjelang Hari Raya Idul Fitri itu jauh-jauh hari sebelum dimulainya waktu arus mudik.
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

"THR itu seharusnya diberikan jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Karena terbukti, masyarakat akan lebih mudah mempertimbangkan waktu untuk melakukan perjalanan mudik setelah mereka mendapatkan THR. Selain itu, cuti bersama pun seharusnya dilakukan sebelum Idul Fitri, supaya arus mudik bisa lebih baik terdistribusi," ujar Bambang dalam telekonferensi video dengan Posko Mudik Nasional Kemenhub dan posko-posko mudik di seluruh terminal, pelabuhan, dan bandara di Indonesia yang dilakukan dari Terminal Tirtonadi, Solo, hari ini, Sabtu, 2 Agustus 2014.
Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Bambang mengharapkan hal itu bisa dilakukan agar para calon pemudik bisa lebih baik lagi dalam melakukan perencanaan perjalanannya tahun depan. Selain itu, guna lebih meningkatkan lagi kelancaran perjalanan arus mudik secara nasional, ia pun menyatakan bahwa pemerintah saat ini telah memiliki beberapa rencana untuk mewujudkan hal itu.

"Saat ini kita melihat animo masyarakat cukup tinggi terhadap kereta api double track Jakarta ke Surabaya yang baru saja diresmikan. Makanya kami targetkan supaya terjadi lagi peningkatan 14 sampai 16 persen tahun depan supaya kembali terjadi pemindahan moda transportasi mudik ke kereta api yang jelas tidak menambah kemacetan di jalan," ujarnya.

Bambang juga menyatakan pemerintah akan kembali menyelenggarakan program mudik gratis untuk mengurangi pemudik yang memakai kendaraan pribadi maupun umum di jalur darat. Dari segi infrastruktur, ia menyebutkan proyek penuntasan jalan tol Cikampek-Palimanan akan menjadi salah satu prioritas utama pemerintah dalam mempersiapkan infrastruktur pendukung perjalanan mudik Lebaran 2015.

"Mudik gratis dan peningkatan kapasitas kapal laut, itu akan mengurangi arus mudik di darat. Sedangkan khusus untuk di Jawa, kami akan menuntaskan proyek tol Cikampek-Palimanan guna menghilangkan kemacetan yang terjadi setiap tahun di jalur Jomin dan Cikopo," ucapnya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya