Arus Balik Mulai Ramai, Ini Jalan yang Macet

pengalihan arus akibat perbaikan jembatan comal
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A
VIVAnews
Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang
- Volume kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta mulai meningkat. Meski begitu, puncak arus balik mudik Lebaran 2014 baru akan terjadi pada esok hari, Jumat 1 Agustus 2014.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Dari informasi NTMC Mabes Polri, sejumlah jalan utama di wilayah Pantai Utara Pulau Jawa mulai mengalami peningkatan jumlah kendaraan yang melintas. Pada pukul 17.57 WIB, Jalan Raya Jogja-Purworejo mulai mengalami kepadatan lalu lintas. Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Jenderal Sudirman Pekalongan arah ke Pemalang pada pukul 18.00 WIB.
Kemnaker Menyatakan Kepada Pengusaha yang Telat Bayar THR akan Dikenai Denda 5 Persen


Sistem buka tutup diberlakukan bagi kendaraan pemudik yang akan melintas Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah
.
Ekor kemacetan kendaraan dari arah timur yang menuju barat sudah mencapai 4 kilometer, dari Jembatan Comal sampai wilayah Lowa. Sementara
antrean kendaraan dari arah barat menuju timur sudah mencapai sekitar 3 kilometer. Buntut kemacetan sudah sampai Kecamatan Petarukan.


Di wilayah ini diberlakukan
sistem buka tutup kendaraan yang akan melintas di Jembatan Comal. Tapi bila kondisi parah, sistem buka tutup akan diberlakukan hingga dua jam.


Jalur Kebumen-Purwokerto juga sudah padat merayap. Peningkatan kendaraan juga sudah terjadi di ruas Jalan Kolonel Sugiono, Tegal. Sementara pada pukul 17.25 WIB, Jalur Ajibarang arah ke Brebes kondisinya juga sudah padat merayap.


Di wilayah Jawa Barat, lalu lintas Lingkar Gentong, Tasikmalaya kondisinya juga padat merayap. Pengguna jalan diminta untuk bersabar karena banyak kendaraan alami gangguan tekhnis


Sementara di kawasan Tol Cipularang arah ke Jakarta juga mengalami kepadatan akibat peningkatan volume kendaraan. Kepadatan terutama terjadi di kilometer 108 hingga 97, kilometer 91 hingga 88, kilomter 75 hingga 72 dan kilometer 32 hingga 30. Namun arah sebaliknya lancar.


Dari pantuan, kondisi lalu lintas di Jalur Puncak masih mengalami kemacetan. Kepadatan karena imbas dari membludaknya jumlah kendaraan wisatawan yang melintas, lalu lintas Cisarua arah ke Ciawi mengalami kepadatan.


Sementara peningkatan jumlah pemudik yang akan kembali ke Jakarta juga sudah terlihat di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Antrean kendaraan terlihat panjang menuju kapal penyeberangan ke Merak, Banten.


Laporan: Deanisa





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya