Pesawat dan Kereta Api Paling Diminati Pemudik 2014

SBY Tinjau Posko Mudik & Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - Kereta api dan pesawat terbang menempati peringkat teratas dalam pilihan moda transportasi umum yang digunakan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun 2014.
Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Posko Mudik Terpadu Lebaran 2014 di Kementerian Perhubungan RI, terjadi kenaikan persentase penumpang yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan musim mudik di tahun 2013.
Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

"Kalau kita lihat persentasenya, peningkatan yang paling signifikan itu memang di kereta api dan pesawat terbang," ujar Kepala Harian Posko Mudik Lebaran 2014 Kementerian Perhubungan RI, Sudirman Lambali, di Lantai 7 Gedung Kemenhub hari ini, Kamis 13 Juli 2014.
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Tahun ini ada 2.030.251 orang yang mudik dengan pesawat terbang dan 2.568.576 orang yang menggunakan kereta api. Ini berarti ada peningkatan 4,5 persen dan 7,9 persen untuk penggunaan dua moda transportasi itu.

Data Kemenhub tahun 2013 sendiri menunjukkan, 1.855.484 orang menggunakan pesawat terbang untuk melakukan mudik tahun itu, sedangkan 2.190.483 orang memilih untuk menggunakan kereta api.

Menurut Sudirman, hal tersebut merupakan suatu hal yang positif karena menunjukkan indikasi peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat Indonesia.

"Itu adalah indikasi yang cukup bagus. Menunjukkan masyarakat mulai sejahtera karena memilih untuk menggunakan dua moda transportasi yang cukup aman dan nyaman untuk melakukan perjalanan mudiknya," ujarnya.

Lebih lanjut Sudirman menuturkan, hal tersebut akan berdampak positif juga kepada situasi arus mudik di jalur darat. Menurutnya beban jalur darat akan berkurang dan pada akhirnya berefek juga kepada menurunnya jumlah kecelakaan arus lalu lintas di jalur darat.

Sekarang itu yang populer urutannya pesawat terbang, kereta api, kapal laut, dan urutan terakhir baru bus. "Itu bagus ya."

Dengan transportasi umum seperti itu, lanjut Sudirman, masyarakat akan lebih terjamin keamanannya dan beban jalanan pun terkurangi. 

"Dari pemerintah, infrastruktur jalan juga terus ditambah dan diperbaiki sehingga perjalanan mudik dan balik akan semakin baik dari tahun ke tahunnya," ujar Sudirman. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya