Antisipasi Arus Balik di Garut, Polisi Siaga di Simpul Macet

Arus balik di Saradan, Madiun, Jawa Timur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
VIVAnews
Drama Pernikahan Ria Ricis: Terbongkar Alasan Ibunda Teuku Ryan Sempat Tak Beri Restu
– Kepolisian menempatkan personel di titik-titik simpul kemacetan di jalur selatan Garut. Ini untuk mengantisipasi kepadatan arus balik kendaraan yang sudah mulai terlihat pada Kamis, 31 Juli 2014.

Animo Tinggi Masyarakat ke Indonesia U-23 Harus Dijaga, tapi Arahnya Positif

Kapolda Jabar Irjen Pol Muchamad Iriawan menyatakan, kepadatan kendaraan sulit dihindarkan karena setiap tahun jumlah kendaraan pribadi bertambah, sedangkan kondisi jalan masih tetap sama. Oleh sebab itu, polisi melakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus dan pengerahan personel.
Sempat Ungkap Kliniknya Kemalingan Ternyata Hoax, dr. Richard Lee Dilaporkan ke Polisi


“Tahun ini peningkatan jumlah kendaraan mencapai 12 persen. Maka kami mengoptimalkan rekayasa jalur dan memperkuat personel di simpul kemacetan,” kata Iriawan saat memantau arus balik di Garut.


Kepadatan kendaraan di jalur mudik Garut Rabu kemarin terjadi akibat masih tersisanya arus mudik jarak dekat dan lokal ditambah arus wisata, serta tingginya jumlah kendaraan menuju kawasan wisata yang ada di Garut.


“Di Garut kan banyak sekali objek wisata yang biasa dikunjungi para turis lebaran, sehingga tak heran jika paska lebaran arus kendaraan akan lebih banyak dibanding pada arus mudik,” kata Iriawan.


Dia mengatakan, sejumlah jalur alternatif sudah disiapkan untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di Jalur Limbangan maupun Kadungora, di antaranya: Jalur Wado arah Sumedang dan Jalur Cijapati arah Bandung dari Jalur Kadungora.


“Bila memungkinkan jalur tersebut akan dipergunakan sebagai pengalih arus kendaraan untuk mengurai antrean kendaraan,” ujar Iriawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya