Sudah 384 Orang Tewas Selama Mudik 2014

Kecelakaan Kendaraan Bermotor di Daan Mogot
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta
- Hingga Lebaran kedua atau pada Selasa, 29 Juli 2014, sebanyak 384 orang pemudik meninggal di seluruh jalur mudik di Indonesia. Korban yang paling banyak adalah pengendara sepeda motor.

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Menurut Ketua Posko Harian Mudik Kemenhub RI, Bambang Tjahyono, jumlah korban kecelakaan tahun ini turun dibandingkan dengan jumlah korban jiwa pada 2013 lalu.
Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum


"Turun 8 persen dari periode yang sama di tahun kemarin yang mencapai jumlah 352 orang, kebanyakan mereka adalah pemudik yang menggunakan sepeda motor," ujar Bambang saat ditemui di Gedung Kemenhub hari ini, Rabu, 30 Juli 2014.


Menurut Bambang, penurunan tersebut terjadi dikarenakan beberapa faktor seperti meningkatnya kemampuan ekonomi masyarakat sehingga banyak yang lebih memilih untuk mudik dengan menggunakan alternatif moda transportasi yang lain.


"Sekarang itu ekonomi sedang membaik, sehingga banyak yang lebih memilih untuk menggunakan alternatif transportasi lain seperti pesawat terbang untuk mudik, supaya mereka lebih nyaman. Kita harapkan juga memang begitu, supaya pemudik bisa lebih terjamin kemanannya," ujarnya.


Lebih lanjut Bambang juga menuturkan, telah terjadi penurunan jumlah pemudik secara keseluruhan pada tahun ini. Pihaknya hanya mencatat terjadi kenaikan jumlah penumpang pada moda transportasi umum, seperti kereta api.


"Kita hanya mencatat ada kenaikan jumlah pemudik dengan transportasi kereta api sebesar 19,29 persen, dan pesawat udara domestik sebesar 11,35 persen. Kalau total pemudik kita catat ada 8.045.110 orang, atau malah mengalami penurunan 9,69 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 8.908.491 orang," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya